Senin, 19 Agustus 2019

Relokasi Kubur di Tumpaan Pemkab Minsel Siapkan Rp 3 Miliar

TUMPAAN, (manadoterkini.com)-Dalam waktu dekat ini, Dinas Pekerjaan Umum Pemkab Minsel, akan menindaklanjuti pekerjaan pelebaran mulai dari Desa Lopana Kecamatan Amurang Timur hingga Desa Tumpaan Kecamatan Tumpaan. Hanya saja Dinas Pekerjaan Umum (PU) terlebih dulu merelokasi pekuburan di Desa Tumpaan Dua Kecamatan Tumpaan. Demikian dikatakan Kepala Dinas PU Minsel Ir Joutje Tuerah ST kepada sejumlah wartawan diruang kerjanya

Menurut Tuerah, untuk anggaran relokasi lahan pekuburan yang akan terkena dampak dari pelebaran jalan tersebut, Pemkab Minsel sudah menyiapkan anggaran sekira Rp 3 miliar.”Anggarannya bersumber dari APBD 2015. Ini untuk proyek pembebasan lahan kelanjutan pelebaran jalan trans Sulawesi yang dimulai dari Kecamatan Amurang ke Tumpaan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Tuerah mengatakan survey dan pengukuran areal ladang pekuburan yang akan dipindahkan sudah dilakukan pihaknya.”Kami sudah melihat lokasi dan telah melakukan pengukuran. Hal itu karena, proyek nasional tersebut dalam waktu dekat ini akan segera dilaksanakan,” ujarnya lagi.

Ditambahkannya, anggaran pembebasan lahan memang dibebankan ke pemerintah kabupaten, baik itu pembebasan lahan perumahan atau area pekuburan. Anggaran yang disiapkan untuk semua ganti rugi lahan tersebut dinilainya cukup karena proyek pelebaran jalan tahap awalnya sepanjang satu kilometer.”Kalau pekuburan nanti akan dibicarakan dengan keluarga soal biaya yang akan dikeluarkan untuk relokasi tersebut. Kami juga akan menyiapkan peti mati jika nanti proses evakuasi mulai dilakukan,” tutupnya.(dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*