Kamis, 22 Agustus 2019

Terkendala Anggaran, Situs Sejarah di Minsel Kurang Mendapatkan Perhatian

AMURANG, (manadoterkini.com)-Di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) sedikitnya ada sekitar 10 Situs sejarah yang dinilai pemerhati budaya kurang mendapatkan perhatian Pemkab Minsel.

Kepala Seksie (Kasie) Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Minsel Tina Tampeno mengaku meski kurang maksimal, namun perhatian terhadap situs sejarah masih terus dilakukan Disparbud.

“Memang untuk memberikan perawatan dan pengembangan, kami masih terkendala dengan kondisi anggaran. Ketersediaan anggaran untuk Disparbud masih belum bisa memberikan perawatan dan pengembangan,” ungkapnya.

Meski demikian lanjut Tampeno, beberapa situs sejarah yang berada di kawasan pemukiman warga masih diperhatikan pemerintah desa.”Tahun 2015 ini, untuk besar belanja langsung Disparbud hanya Rp 800 juta, atau dikurangi sebagaian dari belanja langsung di tahun sebelumnya sekira Rp1,6 miliar. Meski begitu, upaya perawatan akan terus dilakukan walau hanya sebatasnya saja. Situs sejarah tersebut menjadi andalan daerah ini karena mempunyai objek sejarah, atau saksi peradaban manusia di jaman dulu. Mudah-mudahan saja, jika ada penambahan anggaran pasti akan segera dilakukan perawatan secara menyeluruh, dan juga akan dikembangkan agar bisa menarik perhatian wisatawan,” pungkasnya.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*