Kamis, 20 September 2018

Sosialisasi PBB-P2, Banyak Pejabat Minsel dan Camat Tidak Hadir

AMURANG, (manadoterkini.com) – Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu SE mengintruksikan kepada para Camat, Hukum Tua (Kumtua) dan Lurah serta Dinas Pengelola Keuangan dan Pendapatan Aset Daerah (DPKPAD) Minsel untuk mendata objek-objek pajak.

Hal tersebut disampaikan Bupati melalui Sekdakab Minsel Drs Danny Rindengan MSi saat memberikan sambutakan pada acara sosialisasi Pajak Bumi Bangunan dan Pedesaan Perkotaan (PBB-P2) serta Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) yang dirangkaikan dengan penyerahan SPT tahunan yang dilaksanakan pada Rabu (25/3) siang tadi di Gedung Waleta Kantor Bupati Minsel.

Menurut Rindengan, pendataan kembali objek pajak dimaksudkan untuk meningkatkan penerima pajak, yang muaranya pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor PBN-P2. “Selain itu, adanya asas pemerataan kewajiban pajak bagi seluruh masyarakat yang memiliki tanah dan bangunan,” ujar Rindengan.

Lanjut mantan Asisten I Pemkab Minsel ini, dengan dilimpahkannya PBB-P2 tahun 2014 serta BPHTB pada 2011 silam telah menjadi tanggungjawab pemerintah daerah. “Pajak daerah adalah iuran yang wajib setiap orang atau badan yang dapat dipaksakan berdadarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Peruntuhkannya pada penyelenggaraan pemerintah pembangunan daerah, serta meningkatkan dan memeratahkan kesejahtraan masyarakat,” tandasnya.

Hanya saja sangat disayangkan, acara yang bekerjasama dengan peewakilan KPP Pratama Kotamobagu dan Amurang ini, hanya dihadiri oleh beberapa Kepala SKPD yang ada di lingkup Pemkab Minsel serta sejumlah bendahara, sedangkan para Camat dan Kumtua/Lurah tidak ada satupun yang hadir termasuk Kepala DPKPAD Minsel yang seharusnya hadir malah tidak hadir. Hal ini membuat Sekdakab Minsel Drs Danny Rindengan geram.

“Saya minta yang hadir harus isi absen, sebab yang tidak hadir akan saya lihat di absen tersebut dan akan dilaporkan ke Bupati,” tandasnya, sembari meminta wartawan yang meliput harus menulis nama- nama pejabat yang tidak hadir.”Wartawan lihat dan catat siapa-siapa pejabat yang tidak hadir tulis,” tukasnya.

Sementara yang hadir dalam acara tersrbut diantaranya, Asisten III Drs James Tombokan, Sekertaris DPKPAD Evert Kawalo, Kabid Aset Ruddy Tumbuan, Kadis Kehutanan Ir Frans Tilaar, Kadis Pariwisata Sonny Maleke, Kepala BPMPD Drs Benny Lumingkewas, Kabag Ortal Tusrianto Rumengan, serta sejumlah Bendahara SKPD. Sedangkan Camat, Kumtua dan sejumlah Kepala SKPD lainnya tidak ada terlihat.(dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*