Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Manado

Pegalaman di Harvard University Dibagikan GSVL kepada Pengurus OSIS SMA/SMK

×

Pegalaman di Harvard University Dibagikan GSVL kepada Pengurus OSIS SMA/SMK

Sebarkan artikel ini
manado
Walikota GSVL saat berada di SMA 7 Manado

MANADO, (manadoterkini.com) –Pengalaman mengikuti pendidikan di Harvard University, Walikota GS Vicky Lumentut, dibagikan kepada pelajar yang menghadiri kegiatan Pelatihan Dasar Kepemimpinan Organisasi Kepemudaan dan Pengurus Osis SMA/SMK di SMA Negeri 7 Manado. Ilmu pengetahun adalah bekal masa depan bagi seseorang.

Sebab, siapa lagi akan menjadi pemimpin masa depan Kota Manado selain para generasi muda sekarang ini. Untuk itu dirinya meminta generasi penerus ini belajar giat agar bisa menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) handal. “Kalian pemimpin masa depan Kota Manado. Untuk menjadi seorang pemimpin itu harus ada pembentukan jati diri serta belajar giat agar bisa menjadi seorang pemimpin masa depan dan memiliki SDM handal agar kedepannya Kota Manado bisa menjadi kota maju dalam wilayah Negara Indonesia,” support GSVL sapaan akrab Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ini.

Sebagai bekas pelajar di Harvard University USA, GSVL pun membagikan pengalamannya, termasuk sampai dia bisa menjadi orang nomor satu di ibukota provinsi Sulut ini. “Zaman orde baru dulu, saya salah satu penerima beasiswa Supersemar. Itu didapati karena dengan belajar giat. Saat di Harvard University, saya masih belajar selama sebulan di 2013 lalu,” ujarnya.

Di negara maju itu sangat menghargai waktu. Kalau ada bicara didepan jika tidak ada keperluan bertanya, semua pasti mendengar yang berbicara di depan agar bisa dipahami dan dimengerti serta tidak perlu diulangi lagi karena hanya membuang waktu. ”Ini saya titipkan kalau ada guru yang memberikan topic pelajaran depan kelas para siswa harus focus mendengarkan dan menghargai guru sedang berbicara depan kelas agar dapat dimengerti apa yang dikatakan. Mudah-mudahan ini dapat dilakukan agar kedepan bisa menjadi negara yang maju seperti negara-negara lain. Mari kita bangun budaya baru untuk saling menghargai orang serta tinggalkan budaya ikut-ikutan satu bertanya semua bertanya padahal mereka sudah tahu apa yang mereka tanyakan,” urai GSVL.

Dia juga mengungkapkan, ada satu teori kepemimpinan didapat dari Harvard University. Teori itu ditemukan Prof, Porter. Menurut Prof Porter, kalau memberikan materi jangan melebihi dari 4 Materi dalam satu kali pertemuan, karena dalam satu kali audiens materi yang diberikan melebihi dari 4 Materi dan pasti untuk materi yang selanjutnya pasti sudah tidak diingat lagi.

Hadir dalam kegiatan yang digagas Dispora Kota Manado, Kadispora Manado, Lenda Pelelalu, Kadis Diknas Manado, Corry Tendean,Kepala Sekolah serta para guru,siswa SMA Negeri 7 Manado dan para pemateri yang hadir. Acara tersebut dirangkaikan dengan penandatangan prasasti penghargaan Adiwiyata yang berhasil diraih oleh SMA Negeri 7 Manado pada Tahun 2014 lalu.(ald)