Minggu, 20 Mei 2018

Hijaukan Minsel, Pemkab Seriusi Program Penanaman Bibit Gaharu

amurang

Bupati Minsel dampingi Meneteri Kehutanan, penanaman miliar pohon di GOR Amurang, lalu

AMURANG, (manadoterkini.com) – Dinas Kehutanan (Dishut) Kabupaten MInahasa Selatan (Minsel) terus seriusi untuk menghijaukan Minsel. Salah satunya, penanaman bibit gaharu di 167 desa dan 10 Kelurahan di 17 kecamatan.

Kepala Dinas Kehutanan Minsel Ir Frans Tilaar ketika dikonfirmasi mengatakan, untuk menggiatkan gerakan menanam pohon, pada tahun 2015 ini Dinas Kehutanan menjalankan program budidaya gaharu.

“Penanamannya akan disebar kepada masyarakat di 167 desa dan 10 kelurahan di 17 Kecamatan wilayah Kabupaten Minsel. Dan kurang lebih tiap keluarga akan diberikan 5 bibit gaharu untuk ditanam dipekarangan,” ujar Tilaar.

Lebih lanjut, Tilaar mengatakan, untuk program ini pihaknya melibatkan akademisi dan pakar dari Universitas ternama di Sulut. Hal ini dimaksudkan agar budidaya gaharu dapat berjalan dengan baik, atau tidak adanya kendala.

“Kami telah melakukan sejumlah kegiatan termasuk seminar, dengan para pembicara akademisi dan pakar dari sejumlah universitas ternama di Sulut ,” ujarnya lagi.

Mantan Kepala Dispertanak Minsel ini menambahkan, program ini tentu penting, karena bisa mengantisipasi kerusakan lingkungan hidup serta memiliki nilai ekonomis yang menjanjikan.

“Dimana pada 9-10 tahun investasi penanaman pohon akan meningkat tajam dengan harga beli pohon gaharu bisa mencapai puluhan juta per satu pohon. Kalau harga saat ini 1 pohon bisa mencapai Rp 50 Juta sampai Rp 75 juta per pohon,” tandasnya.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*