Senin, 22 Januari 2018

Gubernur Sampaikan Kesiapan Sulut Sambut Investasi dari Tiongkok

manado

SHS dampingi Presiden dalam lawatan ke Baijing.(ist)

BEIJING, (manadoterkini.com) – Kesiapan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menyambut investasi dari Tiongkok khususnya untuk pengembangan kawasan industri di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, pembangunan infrastruktur jalan tol Manado – Bitung, industri perikanan dan agroindustri, dipaparkan secara lugas dan tegas Gubernur Sulawesi Utara Dr. Sinyo Harry Sarundajang dihadapan Presiden RI Joko Widodo, di St. Regis Hotel, Beijing.

Presiden Jokowi mengaku kagum dengan terobosan dari Gubernur Sarundajang. Presiden menginginkan kalau bisa ground breaking pembangunan kawasan industri dipercepat dan dilaksanakan pada bulan Mei tahun ini.

Dalam pertemuan yang penuh keakraban friendly meeting, Presiden memuji kegigihan Gubernur Sulawesi Utara. “Kalau semua Gubernur di Indonesia seperti Pak Sarundajang, saya yakin kita banyak berhasil dalam percepatan pembangunan nasional,” puji Presiden Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi merasakan publik transportasi di Beijing, dengan menggunakan kereta api di Dongzhimen Subway Station. Presiden didampingi Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani, Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang, dan President of China Railway Sheng Guangzu. Saat melakukan uji coba, Presiden Joko Widodo mengaku kagum menyaksikan pesatnya kemajuan sistem transportasi massal di Beijing, Tiongkok. Moda transportasi massal Kereta Ekspres Bandara dari stasiun kereta bawah tanah (subway) Dongzhimen menuju Bandara Internasional Capital, yang ditempuh selama 25 menit.

Gubernur juga menyampaikan, pemerintah Provinsi Sulawesi Utara telah menjalin kerja sama sinergis dengan investor Tiongkok untuk membangun jaringan kereta api dari Makassar ke Manado dan kota lainnya di Sulawesi Region. “Keberadaan jalur kereta api di Manado sudah sangat mendesak. Ini menjadi salah satu solusi mengatasi kemacetan,” kata Sarundajang.(tim)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*