Jum'at, 23 Agustus 2019

Pemkab Minsel Gelar Musrembang Tingkat Kabupaten

minselAMURANG, (manadoterkini.com)-Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu SE, pada Senin (30/3) pagi tadi, bertempat di Gedung Waleta Kantor Bupati Minsel Kelurahan Pondang Kecamatan Amurang Timur, membuka secara resmi kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Minsel Tahun 2015.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah(Musrenbangda) Minsel tahun 2015 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2016.

“Penyusunan RKPD Tahun 2016 merupakan instrumen perencanaan Pemerintah Daerah dalam rangka penyusunan program kerja dalam satu tahun anggaran dengan mengacu kepada RPJMD Kabupaten Minsel,” ujar Tetty sapaan akrab Bupati Minsel ini.

Lanjut Dia, RKPD tersebut diarahkan untuk menumbuh kembangkan ekonomi kerakyatan dan industri berbasis sumber daya alam serta pelayanan kesehatan dan pendidikan.

“Selain itu pembangunan juga diprioritaskan pada pengembangan sumber daya manusia khususnya kualitas tenaga pendidik, tenaga kerja dan aparatur pemerintah guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Dalam memberikan pelayanan publik yang baik, maka pembangunan tahun ini juga diarahkan pada penerapan tata kelola pemerintahan yang transparan dan akuntabel. Dengan dukungan infrastruktur, sumber daya manusia yang berkualitas dan tata kelola pemerintahan yang baik, diharapkan dapat merangsang pertumbuhan sentra-sentra ekonomi rakyat yang mendorong perekonomian wilayah,” paparnya.

Dia menambahkan bahwa, ada tujuh indikator untuk mengukur kemajuan pembangunan di suatu daerah, yaitu pengentasan kemiskinan, penurunan pengangguran, peningkatan pelayanan, pendidikan, peningkatan pelayanan kesehatan, dan infratsruktur dasar, implementasi good governance dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

“Maka diharapkan usulan program dan kegiatan yang disampaikan oleh kecamatan adalah yang bersifat pemberdayaan masyarakat, bukan hanya pembangunan fisik,” tandasnya.

Pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan merupakan implementasi dari kebijakan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Pelaporan, Tahapan, Tatacara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah.

Hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Minsel Jenny Johana Tumbuan SE, Wakil Ketua DPRD Minsel Frangky Lelengboto, seluruh anggota DPRD Minsel, Wakil Ketua Komisi I DPRD Sulut Kristovorus Deky Palinggi SE, Kepala Bappeda Provinsi Sulut yang diwakili Glady Kawatu, Pimpinan SKPD, Camat, Kumtua dan Lurah se- Minsel serta para undangan lainnya.(dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*