Kamis, 22 Agustus 2019

Mulai Hari Ini Manado Berlakukan Penyesuian Tarif Angkot Baru

Penumpang Umum Rp 3800, Pelajar Rp 2500

manado

Walikota GSVL pimpin langsung rapat penyesuaian tarif angkot

MANADO, (manadoterkini.com) – Rapat penyesuaian tarif angkutan kota (Angkot) dilakukan Pemkot Manado dengan perwakilan sopir bersama Organda (Organisai Angkuran Darat) dipimpin langsun Walikota GS Vicky Lumentut, di rumah Dinas Walikota, kawasan Bumi Beringin, Senin (30/3) tadi malam.

Hal tersebut dilakukan guna menindaklanjuti pengumuman pemerintah terkait kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), oleh pemerintah pusat sehingga Pemkot Manaod langsung mengambil langkah cepat agar tidak menimbulkan polemik di masyarakat.

Rapat berlangsung alot dengan berbagai pertimbangan mengingat harga BBM sudah dua kali naik, namun tarif angkot belum disesuaikan. Akhirnya, tarif angkot Manado ditetapkan untuk umum Rp3760 atau dibulatkan Rp3800, sedangkan pelajar diputuskan untuk tetap pada tarif lama sebesar Rp2500.

Menurut Walikota Lumentut, tarif Rp2500 untuk pelajar merupakan kesepakatan bersama semua pihak. Dengan pertimbangan untuk membantu pendidikan di Kota Manado. Kalangan sopirpun, dikatakan Walikota, tidak keberatan karena telah tertanggulangi melalui subsidi silang pada tarif umum yang ditetapkan Rp3800 per orang.

manado“Berkat kesadaran kalangan sopir untuk ikut membantu mencerdaskan anak-anak yang menempuh pendidikan, maka diberi subsidi silang yakni tarif pelajar dan mahasiswa tidak naik tetap Rp2500, sedangkan untuk tarif angkot umum dari Rp3300 menjadi Rp3760 atau dibulatkan Rp3800. Jadi mari masyarakat dan kalangan sopir untuk bisa memaklumi bersama, karena semua ini untuk peningkatan kecerdasan pelajar dan mahasiswa kita yang ada di Kota Manado,”jelas Walikota.

Dalam kesempatan itu, Walikota berharap kenaikan tarif angkot pasca kenaikan BBM part 2 yang telah disepakati dapat ditindaklanjuti Dinas Perhubungan (Dishub) Manado, Organda, pengusaha angkutan, dan kalangan sopir.

“Kalangan sopir di Kota Manado, harus bisa mengikuti kesepakatan kenaikan tarif yang diberlakukan nanti. Mohon kiranya pengertian kita bersama, jangan menaikan tarif sepihak yang akhirnya menyusahkan warga masyarakat atau penumpang itu sendiri,”saran Walikota.

Penetapan penyesuaian tariff angkot Manado kemudian disahkan dengan diterbitkannya Surat Keputusan (SK) Walikota Manado nomor 18 Tahun 2015 tertanggal 31 Maret 2015. SK tersebut berlaku Selasa (31/3) hari ini, mulai pukul 00.00 Wita.

“Tarif ini mulai berlaku pukul 00.00 Wita tanggal 31 Maret ini,”pungkas Walikota Lumentut, didampingi Asisten II Drs Rum Usulu dan Kepala Dishub Manado Drs Frans Vecky Koagouw.

Seperti diketahui, Pemerintah menaikkan harga BBM mulai Sabtu (28/3) akhir pekan lalu. Harga bensin premium naik menjadi Rp7300 per liter, dan solar Rp6900 per liter, atau naik masing-masing Rp500 per liter.(ald)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*