Senin, 19 Agustus 2019

Aparat Penegak Hukum Diminta Usut Proyek Dikdas TA 2005-2006 di Diknas Sulut

manado

Max Bawotong SH

MANADO, (manadoterkini.com) – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Laskar Anti Korupsi Indonesia Perjuangan (LAKI-P) Sulut, meminta kepada pihak penegak hukum untuk segera menyelidiki proyek Pendidikan Dasar (Dikdas) di Kantor Pendidikan Nasional (Diknas) Sulut, pada Tahun Anggaran (TA) 2005-2006.

Pasalnya, LAKI-P Sulut melalui Sekretarisnya, Max Bawotong SH menduga, proyek Dikdas di Diknas Sulut TA 2005-2006 lalu, ada penyalahgunaan wewenang dari Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dikdas, yang saat itu dijabat oleh oknum berinisial JS, untuk memperkaya dirinya sendiri.

Hal ini ditegaskan Bawotong, setelah pihaknya yaitu LAKI-P melakukan investigasi serta mengumpulkan informasi dari berbagai pihak, dimana pejabat PPK Dikdas TA 2005-2006 yakni JS, yang saat ini menjabat sebagai Kabid PMPTK (Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan) Diknas Sulut, sebelum menjabat sebagai PPK pada proyek Dikdas 2005-2006, pejabat tersebut (JS, red) tidak memiliki harta kekayaan sebanyak saat ini.

Untuk itu, LAKI-P Sulut menduga bahwa kekayaan yang dimiliki oleh JS, adalah setelah dirinya menjabat sebagai PPK pada proyek Dikdas 2005-2006 di Diknas Sulut tersebut. “Kami meminta pihak penegak hukum yakni Kejaksaan dan Kepolisian untuk melakukan penyelidikan terhadap harta dan kekayaan yang dimiliki oleh JS saat ini. Menurut dugaan kami sebagai LAKI-P Sulut, bahwa kekayaan yang dimiliki oleh JS, besar dugaannya adalah dari hasil penyalagunaan wewenang yang dipercayakan oleh pemerintah sebagai PPK pada proyek Dikdas pada Tahun 2005-2006 di Diknas Sulut. Dan itu digunakan untuk memperkaya dirinya sendiri,” tegas Bawotong SH, yang juga dikenal sebagai seorang advokat dan praktisi hukum Sulut, kepada wartawan, Senin (30/3) kemarin.

Sayangnya, upaya konfirmasi yang dilakukan wartawan kepada JS yang berusaha ditemui di kantornya Senin (30/3) kemarin, tak membuahkan hasil. Pasalnya, JS sendiri tidak berada di kantornya. (*/tim)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*