Kamis, 17 Oktober 2019

Pemkot Manado Upayakan Penambahan Lahan TPA

TPA Sumompo

Alat berat yang sedang bekerja di TPA Sumompo

TPA Sumompo

Walikota dan Kadis Kebersihan di Lokasi TPA Sumompo

MANADO, (manadoterkini.com) – Beban dan daya tampung Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumompo di Kota Manado seiring waktu mulai mengalami kepadatan. Volume sampah yang diangkut untuk dibuang di TPA terus mengalami peningkatan seiring dengan perkembangan Kota Manado yang begitu pesat.

“Dampak dari peningkatan ekonomi tersebut sehingga volume sampah ikut meningkat,”ujar Kadis Kebersihan dan Pertamanan Julises Oehlers SH.

Untuk itu kedepan Pemkot Manado melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan tengah berupaya melakuka perluasan TPA Sumompo.

“Kita akan lakukan penambahan lahan dan itu telah kita usulkan ke dewan Manado dan telah disetujui. Selain perluasan lahan kita juga berupaya ada penambahan alat berat guna mengantisipasi rusaknya alat yang kini beroprasi,”kata Oehlers.

Dilain pihak Walikota Manado GS Vicky Lumentut, meminta kepada aparat yang berada di Wilayah yakni Camat dan Lurah serta Kepal Lingkungan untuk terus mensosialisasikan kepada masyarakat akan pengelolaan sampah rumah tangga dan lainnya.

“Saya juga menghimbau agar masyarakat kota Manado bisa lebih maju dalam pengelolaan sampah dari rumah sendiri. Pemilahan sampah kering dan basah termasuk sampah plastik untuk dilakukan, karena dengan begitu akan meringankan beban sampah yang masuk ke TPA Sumompo. Saya mohon warga masyarakat untuk bisa membantu Pemkot Manado karena daya tampung TPA Sumompo terus menyusut,” terang GSVL.(ald)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*