Kamis, 19 September 2019

Bupati Tetty Serahkan LKPJ ke DPRD Minsel

minselAMURANG, (manadoterkini.com) – Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu SE, menyerahkan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) tahun anggaran 2014 kepada Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Minsel Rommy Pondaag SH MH dan Frangky Lelemboto ST. Penyerahan LKPJ dilakukan dalam rapat paripurna yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Minsel Rommy Pondaag SH MH yang dihadiri anggota dewan dan pimpinan SKPD di ruang rapat paripurna Kantor DPRD Minsel pada Selasa (31/3) kemarin.

Penyerahan LKPJ merupakan bentuk pertanggungjawaban sebagaimana diatur dalam UU 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah yang telah diubah terakhir dengan UU 12 tahun 2008. “LKPJ ini juga untuk memenuhi Peraturan Pemerintah (PP) nomor 3 tahun 2007 tentang Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah kepada Pemerintah, Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah Kepada DPRD, serta Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (ILPPD) Kepada Masyarakat,” ujar Tetty sapaan akrab Bupati Minsel ini.

Menurut Tetty, dalam pasal 17 Ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2007 menyebutkan LKPJ Akhir Tahun Anggaran disampaikan kepada DPRD paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir. “Sesuai keputusan Badan Musyawarah DPRD, penyampaian LKPJ tersebut diagendakan pada Selasa (31/3) sore tadi. Sedangkan untuk Laporan Keuangan Daerah (LKD) sesuai ketentuan aturan diserahkan ke DPRD paling lambat enam bulan setelah tutup tahun anggaran,” katanya.

Lanjut istri tercinta dari Kristovorus Deky Palinggi SE ini mengatakan, LKPJ mengupas prioritas pembangunan di Minsel yang meliputi percepatan reformasi birokrasi, pembangunan pendidikan, pembangunan kesehatan dan keluarga berencana, pembangunan perdesaan dan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, pembangunan pertanian dalam arti luas, pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan koperasi, pengembangan usaha perdagangan, pengembangan investasi dan pembangunan ketenagakerjaan, pembangunan pariwisata dan seni budaya, pembangunan kepemudaan dan keolahragaan pembangunan infrastruktur, dan pembangunan lingkungan hidup.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*