Kamis, 19 September 2019

Perencanaan Pembangunan, Usulan Harus Jadi Prioritas Pemkab Minsel

amurang

Sambutan Bupati Minsel

AMURANG, (manadoterkini.com) – Pemkab Minahasa Selatan (Minsel) belum lama ini telah melaksanakan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) ditingkat Kabupaten. Hanya saja sejumlah elemen masyarakat yang ada meminta kegiatan yang wajib dilaksanakan setiap tahun ini bukan hanya jadi catatan di atas kertas.

Ketua Komisi I DPRD Minsel John Sumual SE SH mengaku banyak usulan dari masyarakat yang telah dia sampaikan di forum, seharusnya menjadi prioritas, tetapi belum terakomodir.”Padahal itu sangat urgent untuk segera dilaksanakan. Ini perlu jadi perhatian SKPD dengan menempatkan usulan urgent sebagai prioritas,” ujar Sumual seraya meminta pihak terkait ada kejujuran soal capaian program pembangunan.

Kepala Bappeda Minsel Meydi Maindoka berjanji, hasil Musrenbang tersebut nantinya akan menjadi embrio untuk penyusunan program pembangunan di tahun 2016.”Nanti hasil ini akan kita tindaklanjuti, dengan tentu memperhatikan mana yang urgent untuk diprioritaskan,” tukasnya.

Soal ke mana arah pembangunan Minsel di tahun 2016, Maindoka menjelaskan jika infrastruktur masih jadi salah satu prioritas.”Tetapi untuk jalan desa, diupayakan tuntas di tahun 2015, sehingga untuk 2016, program banyak mengarah ke sektor pertanian, Pendidikan dan kesehatan maupun sektor lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu SE dalam setiap kesempatan mengatakan, Pemkab Minsel terus berupaya merealisasikan setiap aspirasi yang disampaikan warga.”Hanya saja perlu dipahami bersama, setiap program pembangunan memerlukan proses yang cukup panjang khususnya dalam hal perencanaan dan penataan anggaran. Ini perlu diluruskan kepada masyarakat bahwa, tidak semua usulan langsung terakomodir karena harus menyesuaikan dengan kemampuan anggaran,” tandasnya.(dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*