Kamis, 18 Juli 2019

Banwas PD Pasar Manado Terancam TGR dan Pidana

Gosal cs Habis Masa Tugas Sejak Tahun Lalu

MANADO, (manadoterkini.com) – Badan Pengawas PD Pasar Kota Manado terancam kena pidana dan harus membayar ganti rugi kepada Negara karena masih melakukan tugas, padahal masa tugas telah berakhir sejak Mei 2014. Bahkan Badan Pengawas PD Pasar yang diketuai oleh Drs Ronny Gosal dengan dua anggota Max Tompodung dan H. Darwis tak hanya menerima honorarium tetapi juga masih menerima biaya operasional lainnya.

Padahal menurut sumber internal di PD Pasar, penerimaan Banwas yang tidak sah itu, sudah sempat disorot oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), sudah sempat dihentikan di masa kepemimpinan Dirut RAS Didi Syafii tetapi kembali dilegalkan pada masa kepemimpinan Dirut Jimmy Kowaas.

“Harusnya karena ini sudah jadi temuan BPK maka harus dihentikan. Kalau masih dibiarkan maka bukan hanya kena TGR tetapi juga bisa diproses pidana. Apalagi Gosal yang dikenal akrab dengan Wawali Harley Mangindaan itu berprofesi sebagai dosen, dan sangat jarang terlihat di kantor,”ungkap sumber manadoterkini.com di PD Pasar Manado.

Menurut pengamat hukum dan kemasyarakatan Karel Ch Pioh SH, jika mengacu pada Kepmendagri Nomor 50 tentang Kepengurusan Badan Usaha Milik Daerah, Banwas karena tugasnya menerima honorarium dan jasa produksi. “Jadi salah kalau Banwas menerima pendapatan di luar honor dan jasa produksi. Dalam kondisi PD Pasar sekarang yang bisa hanya menerima honor, sedangkan jasa produksi tidak bisa, karena BUMD ini tidak menghasilkan apa-apa, hanya cukup membayar kebutuhan internal PD Pasar, makanya tidak menyetor PAD,”tegasnya.

Bahkan menurut Pioh, Kepmendagri 50 dengan jelas menegaskan masa jabatan Banwas ditetapkan hanya selama 3 tahun dan dapat diangkat kembali pada masa jabatan kedua jika memenuhi sejumlah syarat. Syarat itu adalah mampu mengawasi BUMD sesuai dengan program kerja, mampu memberikan saran kepada Direksi agar BUMD mampu bersaing dengan perusahaan lainnya dan mampu memberikan pendapat mengenai peluang usaha yang menguntungkan di masa yang akan datang.

“Kalau mengacu pada Kepmen ini, kemudian disesuaikan dengan kondisi PD Pasar sekarang ini. Maka Banwas telah telah berakhir masa tugasnya,”pungkasnya.(tim)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*