Kamis, 18 Juli 2019

Petani Sulut Belum Sejahtera

MANADO, (manadoterkini.com) – Petani di daerah Sulawesi Utara (Sulut) belum bisa dikatakan sejahtera. Hal ini terlihat dari Nilai Tukar Petani (NTP) Sulut pada Maret 2015, berdasarkan data Badan Pusat Statistik Sulut (BPS) Sulut. NTP Sulut saat ini hanya mencapai angka 97, 49. Kepada Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut, Faizal Anwar mengatakan bila dikatakan sejahtera, maka NTP harus berada di angka 100. “Artinya bahwa daya beli petani masih belum baik dibandingkan dengan keadaan di tahun dasarnya 2012,” kata Kepala BPS Sulut, Faizal Anwar.

Faizal membandingkan dengan bulan sebelumnya, NTP Sulut mencapai 98,5. Itu artinya mengalami penurunan sebesar 1,04 persen. “Penurunan ini disebabkan indeks harga yang diterima petani mengalami penurunan sebesar 0,46 persen dan indeks harga yang dibayar petani mengalami peningkatan sebesar 0,58 persen,” ungkapnya.

Dimana untuk NTP Maret 2015 untuk masing-masing sub sektor berfluktuasi sehingga mengakibatkan penurunan pada nilai NTP sektor pertanian Sulut secara umum. Subsektor yang mengalami peningkatan NPT antara lain, subsektor tanaman pangan yang mengalami kenaikan NTP sebesar 0,76 persen, subsektor perikanan sebesar 0,50 persen.

Sementara subsektor perikanan tangkap meningkat pada besaran 1,11 persen. Sedangkan subsektor yang mengalami penurunan adalah holtikultura yang turun sebesar 0,77 persen, tanaman perkebunan rakyat menurun sebesar 3,18 persen, peternakan turun sebesar 0,39 persen dan subsektor perikanan budidaya menurun sebesar 0,77 persen.(alv)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*