Kamis, 18 Juli 2019

Sulut Belum Eksport Ikan ke Luar Negari

MANADO, (manadoterkini.com) – Padahal potensi perikanan begitu menjanjikan namun Sulawesi Utara (Sulut) belum juga mengekspor ikan segar ke luar negeri. Hal tersebut diakibatkan daerah ini tidak memiliki bahan baku. “Hingga triwulan pertama tahun ini, kita belum melakukan ekspor ikan segar ke berbagai negara, karena terkendala bahan baku yang tidak ada,” ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut.

Jenny Karouw belum lama ini. Ia pun sedikit kecewa dengan belum adanya ekspor ikan segar ini. “Karena permintaan (ikan segar) sangatlah tinggi. Mudah-mudahan saja kedepan akan ada,” sebutnya.

Menurut Kadisperindag, tidak adanya bahan baku, buntut dari kebijakan pemerintah pusat yang melarang transhipment kapal ikan sehingga industri perikanan di Sulut kesulitan mendapatkan ikan. “Kebijakan itu membuat penurunan ekspor ke negara Amerika Serikat, Singapura dan Thailand serta Filipina. Tahun lalu eskpor ikan segar ke empat negara tersebut sebanyak 620,37 ton dengan sumbangan devisa bagi negara sebesar US Dollar 11,46 juta,” paparnya.(alv)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*