Minggu, 21 Juli 2019

Walikota Bitung : PMT-AS Bentuk Perhatian Pemerintah bagi Generasi Muda

Walikota Bitung

Hanny Sondakh

BITUNG, (manadoterkini.com) – Walikota Bitung Hannya Sondakh, menegaskan Program Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS) bagian dari perhatian pemerintah terhadap generasi muda bangsa. Untuk kota Bitung sendiri akan dilaksanakan secara berkesinambungan dimana tahun 2014 lalu ada 49 Sekolah Dasar (SD) se-kota Bitung mendapat bantuan tersebut dan untuk tahun ini ada 59 SD yang penyalurannya dilakukan secara bertahap hingga akhir tahun.

“Lewat PMT-AS ini para murid dilatih untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi dan berbahan pangan lokal yang tentunya sangat baik untuk kesehatan mereka, ini penting karena mereka adalah generasi penerus bangsa” tutur Sondakh.

Makanya, setiap kantin yang berada di sekolah diharapkan menjual makanan yang serhat dan bergizi, aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak, sambil berharap program PMT-AS mampu menjadikan para peserta didik bertumbuh dan berkembang optimal.

Hal ini juga menindaklanjuti Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 tahun 2010, tentang Percepatan Penyelenggaraan Prioritas Pembangunan Nasional, dalam rangka peningkatan asupan gizi pada peserta didik. Dimana amanat Inpres nomor 1 tahun 2010 mulai dari tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota sampai Gampong agar memberikan Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah kepada peserta didik TK/RA dan SD/MI terutama di daerah tertinggal, terisolir, terpencil, perbatasan, di pulau-pulau kecil, dan/atau terluar serta di daerah pedalaman.

“Selanjutnya, dalam Pasal 13 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2011 tentang Pedoman Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS), menyatakan bahwa Pembiayaan Pelaksanaan PMT-AS dibebankan pada APBN, APBD Provinsi, Kabupaten/Kota dan APB-Desa dan sumber pembiayaan lainnya yang sah dan tidak mengikat,” pungkas Sondakh.(aln)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*