Kamis, 18 Juli 2019

Terkait Penyelesaian Tanah, Komnas-HAM Kunjungi Bitung

BITUNG, (manadoterkini.com) – Informasi adanya permasalahan yang berindikasi pelanggaran hak kepemilikan tanah lahan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, ditindaklanjuti Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnasham) RI. Tak ayal, rombongan Komisioner Komnasham Siane Indriani, Kamis (9/4) kemarin, melakukan kunjungan di Pemkot Bitung, diterima Sekretaris Kota Bitung Drs Edison Humiang Msi, di ruang rapat Wakil Walikota Bitung.

Maksud dan tujuan kunjungan kata Indriani, yakni melaksanakan kajian, perlindungan, penelitian, penyuluhan, pemantauan, investigasi, dan mediasi terhadap persoalan-persoalan hak asasi manusia terkait berbagai permasalahan di masyarakat Kota Bitung.

“Dari informasi di lapangan, terdapat permasalahan tentang indikasi pelanggaran atas hak kepemilikan tanah lahan KEK,“ ujarnya.

Menanggapi hal tersebut Drs Edison Humiang menyampaikan bahwa pemerintah dan masyarakat Kota Bitung selalu kooperatif dalam meyelesaikan permasalahan tanah di Bitung dengan selalu melakukan sosialisasi.

Ini dilakukan agar kesepahaman pendapat tercapai dengan baik. Adapun jika terjadi permasaalah Kami pihak pemerintah selalu mengarah pada kesepakatan dengan meletakkan dasar-dasar bagi penyusunan hukum dalam penyelesaian dengan tujuan untuk mendapatkan keadilan dan kepastian hukum.

“Pada intinya yang diutamakan adalah perdamaian dalam mengatasi sengketa yang terjadi, tanpa melakukan kekerasan, pembongkaran paksa dan lainnya, sebab kami menghormati hukum,” jelas Humiang didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Fabian Kaloh SIP MSi bersama sejumlah pejabat terkait.(aln)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*