Sabtu, 21 September 2019

Jalan Boulevard Mulai Dikerjakan, Pesisir Amurang Bakal Jadi Water Front City

AMURANG, (manadoterkini.com)-Pembangunan jalan boulevard yang ada di pesisir pantai amurang pada Jumat (10/4) ini sudah mulai dikerjakan. Bahkan rencananya, jalan tersebut akan dikerjakan dari Kelurahan Ranoyapo Kecamatan Amurang sampai di Kelurahan Pondang Kecamatan Amurang Timur. Hanya saja tahap awal yang akan dikerjakan adalah jembatan Ranowangko.

Menurut Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu SE melalui Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Minsel Ir Joutje Tuerah ST, untuk tahun 2015 ini, total anggaran yang disediakan Pemkab di APBD sebesar Rp 11 Miliar.

“Itu sudah termasuk tiang pancang atau pirdisi Kelurahan Uwuran ke Kelurahan Bitung. Ditambah jalan yang panjangnya 50 meter, termasuk juga jalan yang menghubungkan jalan boulevard dengan Trans Sulawesi, proyek ini juga merupakan salah satu proyek unggulan dari ibu Bupati,” ujar Tuerah.

Lanjut Dia, untuk proyek pembangunan jembatan ranowangko akan memiliki lebar 15 meter dengan panjang 70 meter.

“Memang untuk tahun ini pembangunan jembatan baru sampai pada pir atau tiang di dua sisi, sedangkan untuk badan jembatan nanti akan dianggarkan pada tahun 2016 mendatang hal ini karena pembangunannya bersifat multi years,” ujarnya lagi.

Dia juga menambahkan kalau jalan boulevard tersebut, nantinya akan dilengkapi dengan area publik yang dapat dimanfaatkan menjadi lokasi wisata serta pusat kuliner. Supaya bisa menjadi nilai tambah dan turut menjaga kebersihan pantai yang ada pesisir pantai amurang.

“Nantinya dengan adanya jalur dua arah di Trans Sulawesi dan jalan boulevard bisa merubah wajah Amurang menjadi ibukota Kabupaten dan tentunya dapat memberi dampak bagi denyut nadi perekonomian lokal, untuk itu kami minta kepada warga untuk dapat memberikan dukungan atas rencana ini,” tutupnya.(dav)

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*