Minggu, 21 Juli 2019

Ritual Adat Minahasa di TKB Manado Berlangsung Aman

MANADO, (manadoterkini.com) – Untuk mengenang peristiwa 300 tahun silam di tanah Malesung, kembali terulang Jumat (10/4) kemarin. Dimana perwakilan 9 Pakasa’an adat Minahasa melakukan Ritual Rumages Tumiwa Mangorai atau Ritual Menolak Bala yang adalah salah satu wujud adat Minahasa.

Berdasarkan pengantar panitia pelaksana dari salah satu sanggar budaya Minahasa, Rumages Tumiwa Mangorai adalah ritual penolak bala. Prosesi adat semacam ini ratusan tahun lalu juga dilakukan di tempat yang sama, sebuah lapangan di tanah adat Minahasa yang kini sudah menjadi TKB.

Tetabuhan yang mengiringi para penari perang Kabasaran membuka ritual tersebut dari arah Watu Timani Wenang atau Tugu Wenang. Sementara di depan Patung Dotulolong Lasut diatur meja ritual dimana di atasnya tertata 3 lilin merah dan bakaran. Depan meja ritual ada pataka setinggi 3 meter dengan lambang salib dan bintang Daud (Star of David) di sisi kepala.

Di atas meja tersebut juga tertata sesajian berupa telur rebus, nasi bungkus, kower berisi saguer, lintingan tembakau, daun sirih yang semuanya berjumlah 9. Pula ada kower besar yang juga sudah diisi saguer, daun tawa’ang dan setangkai tawa’ang putih. Di depan meja diatur 12 potongan kayu setinggi 45 senti sebagai tempat duduk para Walian.

Upacara tersebut terdiri dari 7 bagian; Karai’en (pakaian simbol adat), Raragesan (persiapan meja adat), Masigi Wia Tu’a Pu’una (penghormatan kepada leluhur), Rumages (upacara adat), Wuwuka Raregesan (pembukaan), Sasani (janji kesetiaan) dan ritual Rumages Tumiwa Mangorai.

Perwakilan 9 Pakasa’an adat Minahasa menghadiri ritual adat ini. Juga ada Karo Orpeg Jimmy Ringkuangan, yang juga Ketua Pakasa’an Passo Indonesia mewakili Pemprov Sulut, Kadis Pariwisata dan Budaya Manado Hendrik Warokka mewakili Pemkot Manado, perwakilan Polresta Manado dan Arnold Panahal mewakili Majelis Luhur Kepercayaan Indonesia. Nampak pula Ketua Pakasa’an Tombulu Sjennie Watoelangkoew.(*/tim)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*