Kamis, 18 Juli 2019

Sektor Pariwisata di Minsel Bakal Digarap Maksimal

AMURANG, (manadoterkini.com)-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel) bakal memberdayakan potensi sektor pariwisata. Pasalnya, potensi pariwisata yang ada di Minsel sangat menjanjikan untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE melalui Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Minsel Sonny Maleke, mengaku akan melakukan terobosan untuk memberdayakan sektor pariwisata yang ada di wilayah Minsel.

“Sesuai data yang ada, ada sejumlah sektor pariwisata baik wisata bahari maupun wisata budaya seperti situs-situs budaya belum tersentuh secara optimal. Pengelolaan potensi wisata perlu dilakukan, karena jika dibiarkan akan mubazir,” ungkap Maleke.

Dilain pihak salah satu tokoh muda Minsel Tonny Lumenta SH, menjelaskan kalau pemberdayaan potensi sektor pariwisata mampu mendorong PAD.

“Jika kita mau memberdayakan potensi pariwisata yang ada di Minsel tentunya sangat menguntungkan daerah,” kata Lumenta.

Selain itu, kata dia wilayah Minsel juga bisa dijadikan daerah transit antar propinsi, dimana ruas jalan trans sulawesi menjadi jalur lintasan kendaraan yang berasal dari Makassar, Sulawesi Tengah, Tenggara, Sulawesi Barat, serta propinsi Gorontalo untuk menuju Manado. Tak hanya itu, Minsel juga memiliki peninggalan berupa situs-situs budaya. Sehingga situs budaya ini berpotensi bisa dijadikan peluang untuk meningkatkan PAD.

“Siapa bilang potensi pariwisata di Minsel tidak bisa diberdayakan, jika ditelisik, daerah lain yang kini telah maju dibidang sektor pariwisata tidak berbeda jauh dengan kabupaten Minsel. Mengapa, kita di daerah ini tidak bisa. Dan Pemerintah yang ada saat ini juga harus cerdas dalam menyikapi kondisi PAD yang masih minim serta peluang potensi daerah seperti sektor pariwisata yang bisa meningkatkan pendapatan. Jangan hanya bertahan, harus ada terobosan-terobosan serta inovasi baru dalam membuka peluang dalam meningkatkan PAD,” tandasnya.(dav)

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*