Kamis, 19 September 2019

Dukcapil dan KPUD Minsel Hadiri Rakernas Pendataan Penduduk di Makassar

minsel

Kadisdukcapil Minsel bersama Dirjen Dukcapil RI DR Ir H Irman MSi bersama jajaran saat berada di Makassar

AMURANG, (manadoterkini.com)-Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu SE yang diwakili oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Minsel Corneles Mononimbar menghadiri Rekernas Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pendataan Penduduk yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI di Hotel Grand Clarion Makassar Sulawesi Selatan (Sulsel).

Keikutsertaan Mononimbar pada Rakernas dalam rangka persiapan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan digelar pada Desember 2015 mendatang. Pada acara Rakernas tersebut dihadiri juga oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Minsel DR Fanley Pangemanan beserta para peserta lainnya dari seluruh Indonesia.

Kegiatan berlangsung selama tiga hari, yakni sejak Senin hingga Rabu siang tadi. Acara yang mengangkat tema “Melalui Rakernas Kita Sukseskan Pilkada serentak” ini dibuka langsung oleh Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil RI Bapak IR H Irman MSi, dengan mengahadirkan para Nara Sumber dari Dirjen Dukcapil Kemendgri, KPU RI, Dirjen Keuangan dan Dirjen Otda.

Hal hal yang mengemuka dalam penyampaian materi dari para Nara Sumber ini, diantaranya Pemerintah akan menyerahkan Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK-2) pada tanggal 17 April 2015 yang akan datang.

Sementara itu untuk Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) akan diserahkan pada tanggal 3 Juni 2015 nanti kepada KPU RI sebagai bahan awal penyusunan Daftar Pemilih Pilkada.

“Berbeda dengan Pilkada sebelumnya, kali ini DP4 tidak diserahkan Pemprov maupun Pemkab/ Pemkot kepada KPU Daerah, tetapi nantinya setelah diserahkan Kemendagri kepada KPU RI, akan disinkronkan kemudian diserahkan kepada KPU Daerah,” ujar Mononimbar saat dikonfirmasi manadoterkini.com.(dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*