Sabtu, 21 September 2019

Walikota Eman, Serahkan PSKS di Kecamatan Tomohon Barat

TOMOHON, (manadoterkini.com) – Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak, secara simbolis menyerahkan dana bantuan sosial melalui Program Simpanan Keluarga sejahtera (PSKS), kali ini giliran dari kecamatan Tomohon barat. Untuk kelurahan Taratara raya penyalurannya dipusatkan di Balai Pertemuan Umum (BPU) kelurahan Taratara dua, sedangkan Kelurahan Woloan raya digelar dibalai pertemuan umum Woloan dua. Penyaluran bantuan sosial ini merupakan kerjasama antara pemerintah dengan pihak kantor pos Tomohon.

Ini juga merupakan juga program pemerintah pusat lewat kebijakan subsidi bahan bakar minyak BBM. Untuk itu Walikota mengingatkan adanya penyaluran bantuan sosial kiranya dapat membantu pemenuhan kebutuhan dalam rumah tangga. “Kedepan program bantuan sosial kartunya akan berbeda tetapi datanya tetap. Bahkan mungkin akan ditinjau kembali agar keluarga yang layak menerima dan belum terdata akan dimasukan dalam daftar penerima bantuan sosial,” ujar Eman.

Lanjut Dia, untuk kedepan kartu yang digunakan warga yang akan mengambil dana PSKS, kedepan akan ganti, nantinya ada e-money atau kartu elektronik uang artinya ketika berbelanja kartu ini dapat di pakai, ada juga kartu keluarga sejahtera, kartu Indonesia pintar, dan kartu Indonesia sehat, semua kartu.”Ini merupakan kartu program untuk keluarga pra sejahtera, pada intinya keluarga yang berhak menerima bansos akan memegang empat kartu tersebut,” ujarnya lagi.

Dia menambahkan, dengan adanya kartu-kartu tersebut masyarakat penerima bantuan sosial dipastikan memperoleh keringanan dalam pemenuhan kebutuhan hidup, jaminan untuk bersekolah, jaminan kesehatan, dan sebagainya.”Yang berkaitan dengan kesehatan, dalam perubahan APBD Kota Tomohon nanti, akan dianggarkan kembali,” jelasnya.

Diketahui, saat ini para penerima bansos akan memperoleh 600 rb/KK, sehingga Eman berharap penyerahan melalui program ini akan sangat membantu bagi para penerima.

Sementara Jhon Tampati selaku Kepala Kantor Pos Cabang Tomohon menguraikan penerima PSKS di Kecamatan Tomohon Barat. Untuk Kelurahan Taratara 194 orang, Taratara satu 183, Taratara dua 92, dan untuk Taratara tiga 111 orang, jumlah penerima di Taratara raya 580 orang. “Untuk kelurahan Woloan satu 193 orang, Woloan satu utara 116, Woloan II 154 orang dan Woloan tiga 188 orang, jumlah penerima di Woloan raya berjumlah 651 orang,” katanya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala BPJS Tomohon, Camat Tomohon Barat, serta para Lurah Taratara Raya.(efd)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*