Kamis, 18 Juli 2019

Deprov Sulut Bongkar Dugaan Dana Siluman di Dinkes dan Diknas

SULUT, (manadoterkini.com) – Dugaan dana siluman ini ditemukan Komisi IV saat pembahasan Pansus LKPJ Gubernur bersama SKPD mitra kerja yakni Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan. Tak ayal, gentle membongkar aib di dua SKPD jajaran Pemprov Sulut, komisi yang diketuai James Karinda patut diancungi jempol.

Kedua SKPD ini ditemukan ada dana siluman yang mengendap dalam APBD 2014 lalu sebesar Rp20 miliar. Masing-masing Dinas Kesehatan Rp10 Miliar dan Pendidikan Rp 10 miliar.

Menurut Karinda, Rp 20 Miliar dana siluman itu tertata dalam APBD 2014 tanpa proses pembahasan dengan Deprov Sulut khususnya Komisi IV yang membidangi Kesejahteraan Masyarakat (Kesra).

“Ini baru dua SKPD yang saya beberkan. Di Dinas Pendidikan Rp10 miliar dan Dinas Kesehatan Rp10 miliar. Sebenarnya masih ada banyak. Bayangkan tanpa dibahas dengan DPRD, beraninya menyisipkan anggaran ke APBD. Dengan adanya kasus ini, dewan akan lebih ketat melakukan pengawasan,” tegas Karinda dengan nada tinggi.

Terkait hal tersebut Kepala Badan Aset dan Anggaran Pemprov Sulut, Olvie Atteng saat pembahasan, baru-baru ini tak mampu memberikan penjelasan kepada Pansus. “Pertanyaan Pak James Karinda nanti saya cek lagi,” ungkap Ateng singkat.(toar)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*