Sabtu, 21 September 2019

Pemkot Bitung Siap Tuntaskan Masalah Anggaran Pilwako

humiangMANADO, (manadoterkini.com) – Kementerian Dalam Negeri telah menjawalkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) digelar 9 Desember 15 mendatang. Untuk itu, Pemkot Bitung siap dan optimis menuntaskan anggaran yang diusulkan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD).

“Pemkot Bitung siap menggelar Pemilukada pada tanggal 9 Desember 2015. Optimis masalah anggaran akan terpenuhi,“ ungkap Sekretaris Daerah Kota Bitung Drs. Edison Humiang, Msi, usai menghadiri Rapat Koordinasi tentang pembahasan kesiapan anggagaran Pemilukada bertempat dikantor Kementerian Dalam Negeri RI Jakarta.

Ia menjelaskan, sesuai arahan Direktur Jenderal (Dirjen) Keuangan Kementrian Dalam Negeri RI, untuk mengantisipasi ketidaksiapan daerah terkait pelaksanaan Pilkada, bisa melakukan pergeseran anggaran-anggaran yang tidak wajib untuk dialihkan dalam proses Pilkada, sebagai contoh dana bantuan sosial.

“Saat ini Pemkot sedang berupaya melakukan pergeseran anggaran, dimana Tim Anggaran Pemkot akan melihat lagi dana yang tersisa sesuai UU tentang penyusunan APBD,” ujar Humiang.

Untuk itu Pemkot menyarankan agar kemendagri bisa mengeluarkan regulasi payung hukum untuk memberikan jaminan dalam upaya mengisi kekurangan dana tersebut.

“Hasil Rakor dengan Kemendagri tentang Pemilukada, akan dilaporkan kepada Walikota Bitung untuk ditindaklanjuti. Anggaran Fiskal untuk Kota Bitung sementara ini kurang lebih 4 Miliar, sedang dana yang diperlukan berkisar 23 Miliar,“ pungkas Huming.(aln)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*