Jum'at, 19 Juli 2019

Lagi, Bupati Minsel Tegaskan Siskamling Diaktifkan Kembali

minselAMURANG, (manadoterkini.com) – Dalam upaya menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif, deteksi dini menjadi sesuatu hal yang wajib dilakukan. Upaya deteksi dini bisa ditempuh dengan mengaktifkan kembali sistem keamanan lingkungan (siskamling).

Hal ini dikatakan Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu SE kepada sejumlah wartawan usai mengikuti Apel di halaman Mapolres Minsel pada Rabu (22/4) tadi pagi. Yang mana, soal siskamling ini sudah kesekian kali disampaikan Tetty sapaan akrab bupati Minsel ini untuk ditindak lanjuti. “Saya minta kecamatan dan seluruh kelurahan serta Desa segera mengoptimalkan pelaksanaan siskamling,” ujarnya.

Masyarakat, kata dia, tidak bisa hanya mengandalkan peran TNI/Polri dalam menjaga keamanan. Masyarakat juga harus ikut membantu dengan melibatkan diri lewat kegiatan siskamling. “Peran masyarakat sangat penting dalam pencegahan. Harus bersinergi dengan TNI dan Polri lewat siskamling. Ketika ada situasi atau kondisi yang mencurigakan di lingkungan masing-masing, bisa diatasi lewat siskamling sambil berkoordinasi dengan TNI/Polri dan aparat kelurahan setempat,” pungkasnya.

Bentuk-bentuk siskamling yang diharapkan yakni lewat patroli rutin di wilayah masing-masing. Dimana untuk pelaksanaannya, pemerintah kecamatan wajib mengoordinir setiap kelurahan dan Desa. “Kita wajib melindungi masyarakat dengan menciptakan keamanan lingkungan. Ajak masyarakat untuk sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban, supaya ada kekompakan dan kebersamaan,” jelasnya.

Tetty mengaku akan mengevaluasi pelaksanaan instruksi ini. Bagi kecamatan dan kelurahan yang tidak melakukannya, pasti ada sanksi yang disiapkan. Ia memastikan akan mengontrol penerapan siskamling dengan mendatangi masyarakat untuk bertanya sudah sejauh mana kinerja pemerintah dalam hal kondisi kamtibmas. “Kalau Camat dan Lurah mengabaikan instruksi ini, mereka yang harus tanggung jawab,” tandasnya.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*