Kamis, 18 Juli 2019

Walikota Berharap IPAL Komunal Dimanfaatkan dengan Baik

MANADO, (manadoterkini.com) – Harapan agar Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Komunal dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat sekitar sebagai penerima manfaat disampaikan Walikota Manado GS Vicky Lumentut, Rabu (22/4) di Kelurahan Tuminting Ling I dan II.

“Saya berharap fasilitas yang dibangun ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat sebagai penerima manfaat. Mari dijaga dan dipelihara agar penggunaannya lama dan dapat dirasakan masyarakat untuk sanitasi lingkungan,”tukas GSVL, sapaan akrab Walikota sebelum meresmikan IPAL Komunal tersebut.

Lanjutnya, agar bertahan lama fasilitas sanitasi yang dibangun dengan menggunakan dana bantuan Asian Development Bank (ADB) atau Bank Pembangunan Asia itu, harus dijaga dan dipelihara. Sehingga, fasilitas tersebut bisa bertahan lama untuk kepentingan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut Walikota menjelaskan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan sifatnya sama dengan program Pembangunan Berbasis Lingkungan (PBL) Mapalus di Kota Manado. Semuanya harus dilakukan secara bersama melalui Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM). Sehingga, selaku Walikota dirinya sangat mendukung pelaksanaan program tersebut.

“Program ini sangat baik, tentunya selaku pemerintah saya mendukung pelaksanaan program ini. Tentunya untuk kepentingan masyarakat. Sekali lagi, tolong dijaga dan dipelihara karena ini semua untuk masyarakat,”tandas GSVL.

Pembangunan IPAL Komunal dengan menggunakan dana bantuan ADB merupakan Program Sanitasi Perkotaan Berbasis Masyarakat (SPBM). Ini adalah salah satu komponen program Urban Sanitation and Rural Infrastructure (USRI) yang diselenggarakan sebagai program pendukung PNPM-Mandiri.

Untuk Kelurahan Tuminting, dilaksanakan oleh tiga KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) untuk pembangunan tiga unit IPAL masing-masing Rp350 juta atau total Rp1.050.000.000

Tampak hadir Sekretaris Kota (Sekkot) Manado Ir Haefrey Sendoh, Camat Tuminting Welly Mohede. Serta Lurah se-Kecamatan Tuminting.(ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*