Sabtu, 21 September 2019

Laksanakan Instruksi Walikota, Humas dan PU Manado Cek Hasil Pekerjaan

Mocodompis : Kami Sudah Turun Lapangan, tak Ada Proyek Fiktif di Sumompo

MANADO, (manadoterkini.com) – Setelah dikritik dan dilansir media online, Pemkot Manado melalui instansi terkait melaksanakan pengecekan di lapangan terkait proyek jalan yang katanya fiktif di Sumompo. “Pengecekan tersebut dilaksanakan atas instruksi Walikota Manado GS Vicky Lumentut,”ujar Kapala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol Setda Pemkot Manado, Frangky Mocodompis S.Sos, Jumat (24/4), sembari menyayangkan oknum wartawan yang memuat berita tidak melakukan upaya konfirmasi kepada Humas maupun Dinas PU.

manado

Tanggul penahan jalan

manado

jalan yang dikerjakan

Lanjutnya, dari pengecekan di lapangan bersama Kepala Dinas PU Kota Manado Royke Mamahit, melalui Kabid Bina Marga PU Manado, Jerry Kumendong, Kepala Seksi Jalan Jhony Suwu serta PPK dan pengawas proyek, ditemukan bukti bahwa Pelaksanaan proyek jalan di Sumompo di Tahun 2014 lalu ada dua proyek jalan. Sesuai DPA nama kedua proyek tersebut : (1) Paket Sumompo Lingkungan Dua dengan panjang jalan empat ratusan meter karena anggarannya dua ratusan juta ke atas sesuai aturan itu ditenderkan. (2) Paket Sumompo Lingkungan Lima dikerjakan lewat APBD Perubahan 2014, dengan panjang jalan 240 Meter karena anggarannya dibawah dua ratusan juta sesuai aturan bisa dilakukan penunjukan langsung (PL).

Guna memperkuat badan jalan paket Sumompo lingkungan 2 karena ada tebing-tebing disamping jalan. Dibuatkan pula taluk atau tanggul penahan badan jalan, agar jalan paket Sumompo lingkungan 2 tersebut tidak mudah longsor dan membahayakan rumah penduduk di samping bawah jalan.

Kepala Dinas PU Royke Mamahit ketika dikonfirmasi melalui Kepala Bidang Bina Marga mengemukakan,“Semua proyek jalan untuk tahun 2014 benar-benar ada dan dikerjakan hingga selesai, tidak ada proyek Sumompo yang telah dianggarkan dan telah dilaporkan realisasi 100 persen dan tidak dikerjakan alias fiktif. Kita telah sama-sama membuktikan kalau proyek jalan Sumompo benar-benar ada, dan memang untuk proyek jalan Sumompo yang dianggarkan pada Tahun 2014 sesuai DPA hanya dua saja dengan nama paket Sumompo Lingkungan 2 dan Sumompo Lingkungan V tidak ada yang lain,”terang Kumendong.(ald)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*