Sabtu, 21 September 2019

Tower di Kawasan SMP Kristen Tomohon Disorot

TOMOHON, (manadoterkini.com) – Keberadaan tower provider yang berada dikawasan sekitar SMP Kristen Tomohon mendapatkan sorotan tajam dari pemerhati lingkungan hidup Kota Tomohon Judie Turambi SH. Hal ini disebabkan pihak pemiliknya tidak mengantongi ijin, sebab hanya memiliki dokumen rekomendasi dari Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD) Kota Tomohon yang menjelaskan kewajiban untuk melengkapi persyaratan.

Tower yang dimiliki PT United Sarana Towerindo tersebut, belum memiliki sejumlah dokumen penting seperti UPL/UKL maupun IMB. “Karena itu, keberadaan tower tersebut harus dibongkar. Ini pelecehan terhadap kewenangan pemerintah dan masyarakat, karena pihak perusahaan telah membangun tower, walaupun belum mengantongi ijin,” papar Turambi.

Malahan, Turambi juga mengatakan hingga saat ini pihak provider belum melakukan pembahasan bersama berkaitan dengan pembuatan UPL/UKL. “Karena itu, kami harus menyikapinya dengn mendesak pemerintah untuk menginstruksikan pada pemilik segera melakukan pembongkaran. Pelanggaran terhadap rekomendasi tersebut harus ditindak secara tegas, sehingga tidak terkesan pihak pemilik menganggap enteng pemerintah,” ketus Turambi.

Dijelaskannya, hal ini merupakan preseden buruk terhadap kewibawaan Pemkot Tomohon, jika keberadaan tower tidak segera dilakukan pembongkaran.(efd)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*