Kamis, 17 Oktober 2019

Tapiheru : Tantangan Pengendalian Inflasi Budaya Makan Pedas

manado

Rapat koordinasi TPID se-Sulut

MANADO, (manadoterkini.com) – Kepala Cabang Bank Indonesia, Manado Luctor E Tapiheru mengatakan, tantangan pengendalian inflasi dikarenakan antara lain budaya makan pedas.

“Budaya makan dengan bumbu pedas bagi masyarakat Sulut sudah menjadi ciri khasnya. Karena orang Sulut sejak dulu sudah terkenal dengan budaya makan rica, apabila makan tanpa rica dianggap tidak lengkap,” jelas Tapiheru.

Sementara Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Provinsi Sulut Drs Sanny Parengkuan berharap, pengendalian inflasi di daerah perlu dijaga keberlangsungannya agar sasaran dan tujuan pertumbuhan perekonomian dapat terjaga.

Secara Umum inflasi yang terjadi di Sulut terutama brasal dari sisi suplay dibanding sisi permintaan. “Dimana kompon utama pembentuk inflasi berasal dari harga komoditi yang diatur oleh pemerintah dan harga pangan yang bergejolak,”ujarnya.

Dikatakannya, puncak inflasi tertinggi pada 2014 itu terjadi pada bulan Desember yang tercatat mencapai angka 3,83 % (Month-to-Month) dan 9,67 % (Year to Year) dalam setahun yang berada diatas inflasi nasional. “Namun demikin Wagub menjelaskan secara raata-rata dalam setahun inflasi sulut masih berada di bawah rata-rata laju inflasi nasional,” katanya.(alfa)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*