Minggu, 29 Maret 2020

Ludikson Siringoringo Siap Melayani Sebagai Sekretaris Umum DPP GAMKI

GAMKI

Ludikson Siringoringo

SOSOK aktivis tulen, mungkin begitu rekan-rekan aktivis di Jogja biasa menyebutnya. Sebutan itu melekat pada diri Ludikson Siringoringo. Pria kelahiran 36 tahun lalu ini, memang dikenal sebagai sosok aktivis yang lahir dari lingkungan gereja.

Rekam jejaknya terkait advokasi gereja, warga gereja dan permasalahan sosial-politik wargagereja di DIY telah dikenal luas hampir disemua kalangan di DIY.

Kiprahnya sebagai aktivis dimulai sejak masa kuliahnya, kemudian dilanjutkan hingga menjabat sebagai Ketua Cabang GMKI Yogyakarta 2002-2004.

Selepas melayani di GMKI, Dikson begitu biasa ia dipanggil melanjutkan tugas panggilannya pada medan layannya di GAMKI Kota Yogyakarta sebagai Ketua dan wakil Ketua DPC KNPI Kota Yogyakarta hingga kémudian menjadi Sekretaris DPD GAMKI DIY dan Wk.Ketua DPD KNPI DIY.

Beberapa advokasi terkait permasalahan gereja dan warga gereja maupun masyarakat secara luas juga pernah dilakukannya semisal advokasi peran dan posisi gereja terkait Perda keistimewaan bersama-sama dengan Sekber Keistimewaan DIY, setelah UU Keistimewaan disahkan DPR 2 tahun lalu.

GAMKI

Bersama Kapolda Sulut Wilmar Marpaung

Demikian pula beberapa kasus intoleransi yang menimpa gereja dan kelompok minoritas, Dikson selalu berada didepan mengawal isu tersebut bersama-sama dengan jaringan lintas iman di Jogjakarta.

Disamping isu-isu tersebut, Dikson merupakan tokoh dibalik layar yang mengupayakan pertemuan antara pihak keraton dan Florence dalam kasus penghinaan kota Jogja beberapa waktu lalu.

Dengan peran dan posisi strategisnya pada Jogja tersebut, tak mengherankan bila GKR Pembayun (Putri Sri Sultan Hamengku Buwono X) yang juga Ketua DPD KNPI DIY memberikan rekomendasi secara langsung kepada Ketua Umum DPP KNPI agar memasukkan Dikson dalam salah satu struktur kabinet yangdibentuknya.

Meskipun telah menggeluti dunia bisnis, hati Dikson bergetar dan terpanggil untuk tetap melayani di dunia pergerakan seperti Gerakaan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) yang sedang mengadakan Kongres X GAMKI di Manado, Sulawesi Utara, pada tanggal 28 April-3 Mei 2015.

“Pengalaman saya berorganisasi ini kiranya menjadi pertimbangan bagi kawan-kawan dalam Kongres GAMKI untuk memilih saya sebagai Sekretaris Umum DPP GAMKI,” harap dia.

Riwayat Organisasi:

2001: Ketua Bidang Minat dan Bakat PMK Talenta Universitas Mercu Buana Yagyakarta

2001-2002: Ketua BEM Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yagyakarta

2002-2003: Menteri Eksternal dan Jaringan Luar BEM KM. Universitas Mercu Buana Yagyakarta

2002-2004: Ketua Cabang GMKI Yogyakarta

2002-2004: Ketua Litbang Pengurus Pusat Imapsi (Ikatan Mahasiswa Psikologi Indonesia)

2003: Pj. Presiden Mahasiswa BEM Universitas Mercu Buana Yagyakarta

2005-2010: Ketua DPC GAMKI Kota Yogyakarta

2006-2012: Wakil Ketua DPD KNPI Kota Yogyakarta Bidang Pertahanan dan Keamanan

2012-2015: Sekretaris DPD GAMKI DIY

2012-2015: Wakil Ketua DPD KNPI DIY Bidang Kebijakan Publik

2012-2017: Sekretaris PGI Kota Kota Yogyakarta

2012 – Sekarang: Sekretaris Presidium FP-KUB (Forum Pemuda Kerukunan Umat Beragama) DIY

2015-2018: Wakil Sekretaris Jenderal DPP KNPI Bidang Kajian Daerah Keistimewaan dan Khusus.

Pekerjaan: Pemilik Ringo Tiket, Bisnis penjualan tiket online Jakarta dan Jogja.(toar)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*