Jum'at, 18 Oktober 2019

DPRD Minsel Nyatakan Siap Kawal Penggunaan Dana Desa

AMURANG, (manadoterkini.com)-Mengingat dalam waktu dekat ini, seluruh desa di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) akan mendapatkan kucuran Dana Desa dari APBN pada tahun 2015 ini.

Sebagai wakil rakyat di DPRD Minsel John RM Sumual SE SH MSi berjanji akan mengawal sekaligus mengawasi penggunaan dana desa yang diperuntukan bagi pembangunan desa mandiri.

“Tujuan pemberian dana desa adalah membangun Desa Mandiri. Sebagai wakil rakyat, kami mendukung program yang berbasis desa dan kawasan perdesaan tersebut,” ujar Sumual yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Minsel ini.

Meski telah ada penegasan dari pemerintah, bahwa pemerintahan desa harus dikuatkan dan aparat desa akan diberikan informasi dan pelatihan yang memadai untuk mengelola Dana Desa. Sumual dengan tegas pula mengatakan aparat desa harus transparan dalam pengelolaan Dana Desa tersebut.

“Pengelolaan dana desa harus dilaksanakan secara transparan, termasuk berapa anggaran yang akan turun. Selain akan diawasi oleh lembaga formal dan masyarakat, legislator akan mengawasi dan mengawal penggunaan dana desa agar tidak disalahgunakan,” ungkapnya.

Sumual juga mengatakan penggunaan dana desa harus dilakukan melalui musyawarah desa bersama tokoh-tokoh desa.

“Jangan sampai hanya rapat perangkat desa saja, baru ditentukan proyek. Para tokoh desa, harus diundang dan dilibatkan dalam pembangunan desa,” tandasnya.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*