Senin, 14 Oktober 2019

Bupati Minsel Hadiri Rakor Persiapan Pilkada Serentak di Jakarta

Tetty : Minsel Siap Sukseskan Pilkada Serentak

minsel

Bupati Saat Mengahadiri Rakor Persiapan Pilkada Serentak di Jakarta

JAKARTA, (manadoterkini.com)-Bupati Minahasa Selatan (Minsel) menegaskan, Pemerintah Kabupaten (Minsel) siap mensukseskan pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serentak pada Desember 2015 mendatang. Kesiapan itu salah satunya ditunjukan dalam bentuk dukungan dana pelaksanaan, sosialisasi serta penyuluhan kepada masyarakat.

Demikian disampaikan Bupati usai mengikuti rapat koordinasi (Rakor) persiapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2015 di Balai Kartini Jakarta pada Senin (4/5) siang tadi.

Rakor tersebut dibuka langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Tedjo Edhy Purdjianto ini diikuti oleh seluruh Gubernur, Bupati/Walikota serta Ketua DPRD se-Indonesia di Balai Kartini. Setelah acara dibuka, dilanjutkan dengan pemaparan oleh narasumber dari Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Laoly, Menteri Keuangan RI, Bambang Brodjonegoro, Ketua Komisi II DPR RI, Ketua BPK RI dan Ketua KPU RI.

Sementara itu dari Pemkab Minsel sendiri, selain Bupati turut hadir Kepala Kesbangpol Minsel Alex Slat dan Kabag Pemerintahan Setdakab Minsel Vera Lasut SSTP.

Bentuk dukungan Pemkab Minsel dalam mensukseskan pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati Minsel periode 2016-2021, telah mengalokasikan anggaran pada APBD tahun 2015. Antara lain dana untuk operasional Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) selaku penanggungjawab Pilkada Tahun 2015 sebesar Rp 11 miliar. Panitia Pengawas Pemilu selaku penanggungjawab pengawasan sebesar Rp 3 miliar.

“Kita punya tanggungjawab untuk mensukseskan pesta demokrasi lima tahunan ini. Puji Tuhan, dari segi dana Pemkab Minsel sudah siap. Begitu juga dengan dukungan aparatur untuk melakukan sosialisasi dan penyuluhan tentang pelaksanaan Pilkada serentak ini,” ungkap Tetty sapaan akrab dari bupati Minsel ini.

Dikatakannya, setelah Rakor di Jakarta ini, Pemkab Minsel akan menindaklanjuti dengan mengadakan rapat koordinasi bersama Forum Koordinasi Pemerintah Daerah, camat, kepala desa/lurah serta instansi dan stakeholder terkait lainnya.

Selain itu, Bupati juga mengatakan sudah menginstruksikan kepada seluruh jajaran Pemkab Minsel untuk membantu KPUD Minsel pada pelaksanaan Pilkada nanti agar bisa berjalan lancar dan sukses.

Dukungan lain yang telah dilakukan Pemkab Minsel jelang pelaksanaan Pilkada 2015 ini, berupa dukungan pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Permilihan Suara (PPS).

“uga dukungan aparatur (PNS) untuk ditempatkan di Sekretariat KPUD Minsel, Sekretariat Panwas Panwas, Sekretariat PPK di setiap kecamatan dalam mendukung kegiatan operasional penyelenggaraan Pilkada Tahun 2015 nanti,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Minsel Drs Alex Slat mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya melakukan penyuluhan terhadap masyarakat di 17 kecamatan. Terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan, tokoh pendidikan maupun pemilih pemula. Tidak hanya itu, dalam waktu dekat kita juga segera akan memasang spanduk, baliho, bilborad dan poster tentang Pilkada.

“Langkah ini sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat untuk untuk mensukseskan pelaksanaan pilkada, terutama dalam memberikan suara pada hari H pelaksanaan dan menjaga kekompakan dan persatuan di lingkungan masyarakat,” ungkapnya.(dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*