Jum'at, 18 Oktober 2019

Tahun Ini, 167 Desa di Minsel Kebagian Rp 40,9 Miliar

Sosialisai Dana Desa, Tetty Sambut Rombongan Komisi XI DPR-RI

 

AMURANG, (manadoterkini.com) – Tahun 2015 ini Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), akan kebagian dana Desa sebesar Rp 40,9 Miliar untuk Desa yang ada di Minsel. Hal tersebut disampaikan oleh Anggota Komisi XI DPR-RI Olly Dodomkambey saat memberitakan sambutan pada acara Sosialisasi Kebijakan Dana Desa yang dilaksanakan, Selasa (5/5) di Waleta Kantor Bupati Minsel Kelurahan Pondang Kecamatan Amurang Timur. “Pekan depan dana Desa sebesar Rp 40,9 Miliar yang akan diambil dari APBN akan segera disalurkan oleh pemerintah pusat melalui rekening kas umum negara,” ujarnya.

Hal tersebut mendapat sambutan baik dari Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu SE dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada Komisi XI DPR-RI khususnya bapak Olly Dondokambey, Dirjend Bina Pemerintahan Desa, Kementerian Dalam Negeri RI Ibu Rahmiyatun, beserta rombongan, Sekretaris Dirjend Perimbangan keuangan RI DR Ahmad Yani SH Ak MM.

Istri tercinta dari anggota DPRD Sulut yakni Kristovorus Deky Palinggi SE ini juga memberi Apresiasi yang setinggi-tingginya serta penghormatan yang tulus kepada Komisi XI Olly Dondokambey yang merupakan Putra Sulut lewat kiprahnya yang memiliki komitmen besar membangun daerah Nyiur Melambai, Sulut. Begitu pula kepada DR Ahmad Yani beserta rombongan. Menurut Bupati dengan adanya sosialisasi Kebijakan Dana Desa ini sudah berdasarkan UU no 6 tahun 2014 tentang desa.

Bupati juga membeberkan kepada komisi XI DPR-RI bahwa Kabupaten Minsel memiliki luas 1496,66 KM/segi dgn jumlah penduduk 230,595 jiwa yang secara administrativ terdiri dari 17 kecamatan 167 Desa dan 10 Kelurahan,167 kepala Desa,167 Sekdes/124 sekdes PNS, 43 sekdes Non PNS.

“Dengan adanya sosialisasi Kebijakan Dana Desa ini telah menghadirkan paradigma baru atau kebijakan Baru dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Termasuk di dalamnya pengelolaan keuangan Desa.sehingga perlua adanya peningkatan Kapabilitas Aparat Penyelenggara PemDes melalui pelatihan, Bimtek, Whorkshop, sosialisasi, agar UU ini terimplementasikan dan sistematis masif oleh stakeholders, yang ada,” ujarnya.

Bupati juga mengharapkan kepada pembawa materi selain melakukan Transfer Knowledge, Transfer Experience sehingga para hukum tua/perangkat desa/peserta sosialisasi akan memiliki motivasai yang besar dengan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development, melalui Visinya kedepan. “Minsel Berdikari Cepat, Menuju Minsel terdepan dengan harapan yang besar setelah sosialisasi ini seluruh persyaratan untuk pencairan dana desa yang bersumber dari APBN dapat di penuhi oleh seluruh Desa yang di transfer dari Rekening Kas Umum Negara,Dimana utk Minahasa Selatan Total Dana Desa mencapai 40,965.353 Miliar. Sehingga saya berharap juga Kepala Desa, Sekdes serta pengelola keuangan Desa semakin memahami penggunaan Dana Desa. Sesuai ketentuan dan peraturan perundang undangan yang berlaku,” tandasnya.

Hadir dalam acara tersebut, Sekdakab Minsel Drs Danny Rindengan MSi, Asisten I Drs Ben Watung MSi, Asisten II Ir Farry Liwe, Asisten III Drs James Tombokan, sejumlah anggota DPRD Minsel, Kapolres AKBP Benny Bawensel SIK MH, Kejari Amurang Umaryadi SH MH, Pimpinan SKPD yang ada dilingkup Pemkab Minsel, para Camat, Hukum tua dan Lurah se-Minsel serta tokoh masyarakat.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*