Rabu, 16 Oktober 2019

Senin Besok, 48 Siswa SMP di Minsel Ikut UN Susulan

AMURANG, (manadoterkini.com)-Sebanyak 48 siswa SMP yang tersebar di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) akan mengikuti Ujian Nasional (UN) susulan yang digelar mulai Senin (11/5) besok. Para siswa tersebut terpaksa mengikuti UN Susulan karena sebelumnya tidak bisa mengikuti UN dengan beragam alasan.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Minsel melalui Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) Dikpora Minsel Fitber Raco mengungkapkan, jumlah siswa yang tidak hadir dalam pelaksanaan UN pekan lalu itu diketahui setelah setiap sekolah di sub rayon melaporkan tingkat kahadiran para siswanya. Setelah dilakukan rekap ternyata ada sekitar 48 siswa yang diketahui tidak hadir.

“Ada berbagai alasan mereka tidak bisa mengikuti UN, salah satunya sakit. Kita tidak bisa memaksakan, mereka masih memiliki kesempatan untuk mengikuti UN susulan. Kita harapkan para siswa yang semula tidak hadir saat UN, bisa hadir seluruhnya pada UN susulannya,” kata Raco saat dihubungi manadoterkini.com Minggu (10/5) siang tadi.

Dikatakannya, pelaksanaan UN susulan akan diselenggarakan di masing-masing sub rayon dengan pengawasan dari para guru yang ada di sub rayon tersebut dan itu akan dilakukan selama empat hari yakni dari tanggal 11 hingga 14 Mei 2015 mendatang.

“Kalau soal ujiannya sudah disiapkan jauh-jauh hari bersamaan soal UN. Kondisi soalnya juga terjaga kerhasiannya, masih disegel dan dalam pengawasan aparat kepolisian,” tegasnya.

Jika dalam UN susulan masih saja ada siswa yang tidak hadir, siswa tersebut akan dikembalikan ke sekolahnya masing-masing untuk kelulusannya. Mereka masih bisa saja lulus asal memenuhi segala persyaratan. Karena kelulusan sekolah untuk tahun ini tidak berdasar atas hasil UN.

“UN tidak menjadi dasar utama kelulusan siswa. Pihak sekolah yang memiliki kewenangan siswa itu lulus atau tidak. Termasuk siswa yang tidak ikut UN, bisa saja lulus jika memenuhi persyaratan seperti ikut proses kegiatan belajar mengajar selama masa belajar dan nilainya baik serta berkelakuan baik,” tandasnya.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*