Selasa, 22 Oktober 2019

PE Sulut Turut Disumbangkan Pemerintah Kabupaten/Kota

manado

SHS dalam seminar Keuangan BPK-RI

manado

Seminar BPK-RI di Unsrat

SULUT, (manadoterkini.com) – Pemerintah Kabupaten/Kota turut andil memberikan kontribusi bagi peningkatan Pertumbuhan Ekonomi (PE) di Sulawesi Utara (Sulut). Hal itu diungkapkan Gubernur Sulawesi Utara DR Sinyo Harry Sarundajang (SHS) dalam seminar yang digelar BPK-RI di Unsrat Manado. ”Pertumbuhan Ekonomi Sulut yang kini mencapai 7,5%-8%, tidak lepas dari adanya kontribusi positif Pemerintah Kabupaten/Kota,”ujar SHS sapaan familiar Gubernur Sulut.

Lanjutnya, pertumbuhan ekonomi Sulut bisa mencapai angka diatas rata-rata nasional berkat peran aktif para kepala daerah. “Pendapatan Per Kapita Sulawesi Utara rata-rata mencapai 3000 US$, menuju 3500-4000 US$ sesuai dengan RPJMN. Sedangkan IPM Sulut mendapat ranking 2 Nasional dan dipertahankan 5 tahun berturut-turut sesudah Provinsi DKI Jakarta,” ujar Sarundajang.

Untuk itu, SHS bertekad agar dalam penyajian laporan keuangan serta penilaian BPK-RI terkait dengan pemebrian opini. “Saya merasa yakin Sulut akan meraih WTP pada pemeriksaan BPK-RI Tahun Anggaran 2014, karena ini sudah menjadi komitmen bersama dalam pengelolaan APBD Sulut,”ungkap SHS dengan optimis

Sarundajang menambahkan paradigma baru BPK-RI bukan hanya memeriksa pengelolaan keuangan tetapi juga meneliti sebagaimana anggaran yang dikelola untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, yang diarahkan pada anggaran kinerja. “Artinya dana yang dikelola sepadan dan seimbang dengan hasil yang dicapai,”pungkasnya.(alfa)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*