Senin, 14 Oktober 2019

Pemkot dan BPS Tomohon Gelar Sosialisasi Pemuktahiran Basis Data Terpadu

TOMOHON, (manadoterkini.com)-Guna untuk menciptakan serta mendukung pelaksanaan PBDT berbasis data terpadu yang Lebih berkualitas dan lebih dipercaya di masyarakat dalam penanggulangan kemiskinan dan perlindungan sosial.

Pada Jumat (22/5) siang tadi bertempat di Aula Lantai III Kantor Walikota Tomohon, Pemerintah Kota (Pemkot) dan Badan pusat Statistik Tomohon mengelar Rapat kordinasi (Rakor) dan sosialisasi pemutahiran basis data terpadu.

Walikota Tomohon yang diwakili oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Ronni Lumowa S.Sos MSi mengatakan bahwa perlindungan sosial merupakan bagian dari visi, misi dan program Nawa Cita.

“Yang berarti 9 agenda perubahan yang salah satunya adalah peningkatan kualitas hidup manusia Indonesia melalui program perlindungan sosial seperti Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Sehat dan beragam program bantuan perlindungan sosial lainnya,” ujarnya.

Oleh karena itu Presiden Republik Indonesia melalui Instruksi Presiden (Inpres) no.7 tahun 2014 yang menugaskan Badan Pusat Statistik untuk melakukan pemutahiran terhadap data PPLS 2011 (Program Perlindungan Sosial 2011) dan untuk lebih menjamin ketepatan sasaran dan meminimalkan terjadinya inclusion error dan exclusion error data BDT maka BPS melakukan perbaikan metodologi dibandingkan dengan kegiatan sebelumnya (PPLS2011).

Selanjutnya PBDT 2015 akan dilakukan melalui dua tahapan penting yaitu tahapan verifikasi oleh publik melalui kegiatan Forum Konsultasi Publik (FKP) untuk menetapkan rumah tangga sasaran.Tahapan kedua adalah melalui pendataan rumah tangga sasaran door to door yang telah ditetapkan sebelumnya oleh FKP.

Sementara itu, Kepala BPS Kota Tomohon Hiersfeld Manullana MSi mengatakan, daram rangka untuk meningkatkan koordinasi penanggulangan kemiskinan di tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota maka telah di bentuk Tim Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) termasuk Kota Tomohon.

“Justru itu saya berharap kepada tim yang akan dibangun bisa bekerja maksimal dalam mempercepat penanggulangan kemiskinan, sehingga pertumbuhan ekonomi yang telah kita capai selama ini dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat.” Seiring dengan sosialisasi ini tentu sangat diharapkan peran serta dari seluruh instansi terkait serta komponen lainya agar mendukung dan memberi masukan kepada BPS sehingga pelaksanaan PBDT 2015 di Kota Tomohon akan berjalan dengan baik, dan kepada BPS Kota Tomohon agar bekerja dengan sungguh-sungguh dan sebaik-baiknya,” Katanya.

Untuk waktu pelaksanaannya yaitu Forum Konsultasi Publik (FKP) pada bulan Mei-Juni yaitu melakukan pertemuan antar masyarakat dan pemerintah kelurahan dan difasilitasi pendamping independent (fasilitator) untuk memutakhirkan informasi daftar awal yang menjangkau rumah tangga miskin yang belum tercakup dalam BDT. FKP akan dilakukan di tingkat kelurahan. Seterusnya untuk rencana Pemutahiran Informasi Rumah Tangga pada Bulan Juni-Juli 2015 yaitu kegiatan yang dilakukan petugas local dan terlatih yang ditujukan untuk memutahirkan informasi rumah tangga terkait dengan keterangan perumahan, social ekonomi anggota rumah tangga, kepemilikan asset dan kepesertaan program. Kegiatan ini diikuti para kepala SKPD terkait, Para Camat serta undangan lainnya.(efd)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*