Jum'at, 18 Oktober 2019

Besok, Panwaslu Minsel Buka Pendaftaran Panwascam

AMURANG, (manadoterkini.com) – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), akan membuka pendaftaran Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) untuk ditempatkan di 17 Kecamatan. Nantinya jadwal pelaksaan akan dilangsungkan Kamis (27/5) besok.

“Rekrutment Panwascam untuk penyelenggaraan pilkada yang akan digelar secara serentak pada 9 Desember 2015 mendatang,” ujar Ketua Panwaslu Minsel Eva Keintjem SH kepada manadoteekini.com Selasa (26/5) siang tadi.

Lanjutnya, perekrutan Panwascam tidak asal dilakukan, ada beberapa tahapan yang wajib diikuti. Contohnya, seleksi administrasi, dan tes tertulis. “Hasil seleksi tes tertulis akan diumumkan dengan sistem peringkat. Dimana setiap kecamatan akan diambil 6 peserta di peringkat teratas, sebelum akhirnya mereka mengikuti tes wawancara. Hanya tiga orang nantinya akan menjabat sebagai panwascam di setiap Kecamatan. “Pembukaan pendaftaran berlangsung selama tiga hari yakni dari tanggal 27 hingga 29 Mei 2015,” ujarnya lagi.

Panwaslu Kabupaten Minsel berperan sebagai penyeimbang, sedangkan Panwascam berperan strategis, sebagai wasit juga mengidentifikasi berbagai pelanggaran selama Pilkada dan mengawasinya. “Diharapkan dengan adanya Panwascam dapat mengingatkan peserta pemilu, agar dapat minimalisir pelanggaran yang terjadi, sehingga pelaksanaan pesta demokrasi ini dapat berjalan dengan lancar dan baik,” tandasnya.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*