Jum'at, 15 Desember 2017

Hadapi Pilgub, Partai Golkar Kubuh Agung Buka Pendaftaran

MANADO, (manadoterkini.com) – Konflik internal Partai Golkar berdampak hingga ke daerah tak terkecuali di Sulut, tak menjadi halangan membuka pendaftaran calon kepala daerah. Menariknya, dua kubu masing-masing di bawah pimpinan Agung Laksono dan Aburizal Bakrie membuka pendaftaran. Jika kubu Ical yakni Vreeke Runtu buka di Sekretariat PG di jalan Martadinata, versi Agung yakni Rene Manembu di Hotel Kawanua.

Untuk DPD PG dibawa kepemimpinan Rene Manembu, dikabarkan Rabu (27/5) buka pendaftaran calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut. Hal itu diungkapkan Firasat Mokodompit, selaku Ketua Tim penjaringan.

“Silahkan semua figur atau kandidat yang mau maju bertarung dalam Pilgub Sulut boleh mendftar, untuk mekanisme pendaftaran disesuaikan dengan AD/ART serta petunjuk DPP tentunya,” ujar Mokodompit.

Dia pun menuturkan ada beberap nama yang akan mendaftarkan melalui Partai Golkar diantaranya Elly Lasut, Maya Rumantir, Jackson Kumaat dan sederet nama calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut lainnya.

”Hari ini Pak Elly Lasut akan mendaftar ke Golkar, baru setelah itu ada juga Ibu Maya Rumantir, dan beberapa figur populer lainnya yang bertekat maju melalui Partai Golkar,” tukas Mokodompit.

Sementara itu Ketua PG Sulut versi Ical, Stefanus Vreeke Runtu (SVR) mengatakan, tahapan pendaftaran sudah sesuai dengan Juklak partai berlambang beringin ini. “Dijaring dari DPD II, kemudian mereka mendaftarkan diri di sini,” kata SVR saat diwawancarai di sekretariat.

Lanjutnya, setiap kader yang ingin mencalonkan diri harus mendaftar. “Tidak boleh tidak. Itu syaratnya,” tegas SVR. Sedangkan khusus bakal calon eksternal, diberikan waktu khusus setelah kader mendaftar. “Mereka akan diundang,” tandasnya.

Di sisi lain, Ruben Saerang dari kubu Agung Laksono mengaku sudah membuka pendaftaran bagi calon yang ingin diusung PG. Pihaknya tak mempermasalahkan PG versi Ical yang sudah lebih dulu buka pendaftaran. “Yang pasti, PG akan mengusung calon yang berkualitas dan punya potensi,” kata Saerang. Jikapun akan islah, calon bakal disurvei. “Tak masalah ada yang daftar di sana atau daftar di sini. Pak Vreeke juga bisa mendaftar di kubu Agung. Beliau kan kader Golkar juga,” tandasnya.

Di kubu Ical, sejumlah nama mendaftar. Yakni Abdul Razak Bunsal, Ahmad Yani Suratinoyo, Abdullah Johny Lun, Haris Kamaru dari Kabupaten Bolmong Selatan. Sehan Mokoagow, Inyoman Yudistira, Mardia Moleong, Muhamad Lamaluta, dari Bolmong Timur. Sementara untuk kota Manado Yongki Limen. Peserta terakhir datang dari Kabupaten Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu.(toar)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*