Senin, 14 Oktober 2019

KK Palsu Diduga Mulai Beredar di Tomohon

TOMOHON, (manadoterkini.com) – Kepala Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan (Discapilduk) Kota Tomohon Wendy Karwur, akan berhati-hati dalam melayani warga masyarakat yang ingin membuat KTP, KK, dan lainnya sebagainya. Pasalnya, menjadi temuan salah satu warga yang ingin membuat KK dia melampirkan KTP palsu.

Hal tersebut didapati karena KK milik JD dicetak dilembar karton berbeda dengan blanko yang digunakan catatan sipil dan nomer seri KK tersebut tidak memiliki spasi sementara cap yang digunakan lebih kecil dari cap asli yang digunakan begitupun penulisan kepala dinas kependudukan berbeda.

“Pemalsuan KK itu diketahui dari nomer induk kependudukan (NIK) pada salah satu anggota keluarga beinisial JD. Setelah diteliti di database bukan merupakan warga kota tomohon tapi warga papua (Karena ingin punya KK itu ia meminta kenalan mengurus KK dengan imbalan Rp 200 ribu KK sudah ada,” katanya.

Berdasarkan UU No.23 Tahun 2006 Bap Xll Pasal 96 disebutkan setiap orang atau badan hukum yang tanpa hak mencetak menerbitkan mendistribusikan blanko dokumen kependudukan bisa dipidana dengan pidana paling lama sepuluh tahun dan denda Rp 1 miliar. “Pemalsuan ini bukan perkara mudah dan dapat dipenjara maksimal 10 tahun,” jelasnya.

Dia juga menyatakan tidak meneruskan kasus ini ke ranah Hukum namun harapan kedepan jangan terjadi lagi hal serupa oleh karenanya kepada masyarakat agar berhati hati mengurus KK dengan tidak lewat calo. “Karena dalam kepengurusan ini gratis tidak dipungut biaya,” tandasnya.(efd)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*