Jum'at, 15 Desember 2017

Lakukan Sidak Sejumlah Pasar, Disperindakop Tidak Temukan Beras Sintetis di Minsel

AMURANG, (manadoterkini.com) – Dalam rangka menindaklanjuti intruksi Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) dan Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE, Pemerintak Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel) melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Minsel beberapa hari terakhir ini melakukan inspeksi mendadak (sidak) di pasar tradisional yang tersebar di wilayah Minsel. Hal ini juga dilakukan Disperindakop Minsel untuk memantau isu adanya peredaran beras sintetis.

Karenanya sejumlah pedagang beras langsung didatangi. Dari pemeriksaan itu tidak ditemukan terindikasi menjual beras sintetis. “Dari hasil sidak yang kami lakukan di sejumlah Pasar, tidak ditemukan adanya beras sintetis. Karena semua pedagang beras di pasar yang berada di Minsel, menjual beras hasil produksi lokal,” ujar Kepala Disperindakop Minsel, Sam Setho Slat ST MSi kepada manadoterkini.com.

Hal senada dikatakan Asisten II Pemkab Minsel Ir Farry Liwe MSc, Dirinya mengatakan beredarnya beras memakai plastik memang sangat meresahkan warga. Karena itu dirinya meminta warga untuk tetap berhati-hati ketika membeli beras. “Bukan tidak mungkin ada saja pedagang yang nakal. Untuk itu kami dari Pemkab Minsel meminta agar warga lebih teliti dan berhati-hati kalau membeli beras,” ujarnya.

Dalam hal mengantisipasi peredaran di masyarakat, dirinya nantinya akan menugaskan SKPD terkait untuk terus melakukan pengawasan secara ketat terhadap distribusi beras yang masuk di wilayah Minsel. Bahkan pedagang dan distributor harus memeriksa kualitas berasnya. “Kita akan terus turun untuk melakukan pengawasan penjualan beras. SKPD terkait juga akan turun terlibat,” ujarnya lagi.

Meskipun demikian, dirinya yakin jika di Minsel tidak akan ada pedagang yang menjual beras sintetis bercampur plastik tersebut, jika selama stok ketersediaan pangan akan tetap terjaga. “Selain beras, pangan alternatif lainnya seperti jagung dan umbi-umbian juga masih mencukupi stoknya,” tandasnya.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*