Kamis, 14 November 2019

Bupati Minsel Kembali Ingatkan Soal Pengawasan Proyek

AMURANG, (manadoterkini.com) – Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu SE, rupanya punya komitmen yang kuat dalam mengawasi pelaksanaan proyek pemerintah. Tetty sapaan akrab Bupati Minsel ini ingin semua kegiatan berupa proyek pembangunan seperti jalan, talud, dan lain sebagainya harus dijalankan sesuai kebutuhan masyarakat dan aturan yang berlaku. “Itu semua kita harus diakui ada beberapa proyek yang tidak maksimal. Karena itu, untuk tahun 2015 ini dan di waktu-waktu mendatang, pengawasan semua proyek harus lebih ketat dan maksimal. Saya tidak mau ada kesalahan lagi,” tegas Tetty kepada sejumlah wartawan.

Penegasan ini terkait informasi ada sejumlah proyek tahun lalu yang terlambat dalam penyelesaian, sehingga menjadi temuan berbagai pihak, terutama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). “Saya minta semua jajaran rajin mengawasi pelaksanaan proyek. Kalau ada yang tidak sesuai, kontraktornya segera ditegur sebelum terjadi kesalahan,” tukasnya.

Bupati yang saat itu didampingi Kabag Humas Pemkab Minsel Frangky Mamangkey S.Sos, meminta seluruh pejabat maupun staf teknis proyek menjalankan tugas dengan profesional, fungsi pengawasanya wajib dijalankan secara sistematis mulai dari awal hingga tahap penyelesaian proyek. “Kita harus pahami bahwa, pengawasan itu untuk mencegah penyimpangan. Makanya harus dilakukan sebaik mungkin agar kualitas proyek sesuai dengan yang diharapkan, dan masyarakat puas dengan kinerja pemerintah,” tegasnya.

Lanjut istri tercinta dari Wakil Ketua Komisi I DPRD Sulut Kristovorus Deky Palinggi SE ini menambahkan, setiap SKPD jangan hanya bergantung pada mekanisme lanjutan setelah proyek selesai. Menurut dia, sebisa mungkin pelaksanaan proyek bergulir sesuai mekanisme sejak awal, agar hal-hal buruk tidak muncul dikemudian hari. “Begitu juga dengan kontraktor kerjakan pekerjaan dengan baik supaya tidak kena imbas setelah itu, beruntung kalau hanya kena tuntutan ganti rugi (TGR). Tapi bagaimana kalau sampai proses hukum masuk, Bukan hanya kontraktor yang kena, tapi pejabat juga kena. Makanya saya ingatkan, fungsi yang melekat ke masing-masing pihak harus dilaksanakan dengan baik, supaya semua aman,” tandasnya.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*