Selasa, 19 November 2019

Pemkot Tomohon Bakal Miliki Perda Pemanfaatan Lahan Tidur

TOMOHON, (manadoterkini.com)-Kalau tidak ada aral melintang tahun ini, Pemkot Tomohon bakal memiliki Peraturan Daerah (Perda) Pemanfaatan lahan tidur. Pasalnya, perda tersebut sementara dipersiapkan oleh Pemkot Tomohon.

Demikian disampaikan Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak melalui Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan Kota Tomohon Ervinz Liuw kepada manadoterkini.com Rabu (3/6) siang tadi diruang kerjanya.

Menurut Liuw, saat ini untuk pembuatan perda pemanfaatan lahan tidur yang tidak dikelola sementara disusun oleh tim dan akan disodorkan ke DPRD Tomohon untuk dibahas bersama.

“Hal ini akan dilakukan, karena Tomohon masih memiliki 500 hektar lahan tidur yang belum dikelola, meski pada umumnya pemilik lahan berada diluar kota Tomohon, jika lahan itu dikelola dengan ditanami jagung maka dapat menghasilkan kebutuhan para petani setiap musimnya, Contoh dari 500 hektar ditanami 3000 ton akan dapat 10 miliar jika dijual 3.600/kg,” ujarnya

Ditambahkannya, ini dapat meningkatkan swasembada pangan masyarakat Kota Tomohon kedepan, jadi hal ini perlu diatur dalam Perda.(efd)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*