Selasa, 12 November 2019

Panen Cengkih di Minsel, Kumtua Diminta Data Buruh Pendatang

AMURANG, (manadoterkini.com) – Panen cengkih mulai dirasakan masyarakat di Kabupaten Minahasa Selatan, terlebih khusus di Kecamatan Suluun-Tareran dan Motoling raya. Dimulainya panen cengkih ini, sudah mulai berdatangan para buruh dari luar daerah.

Terkait hal ini Camat Suluun – Tareran, Drs Veky Rondonuwu mengharapkan pemerintah desa untuk tanggap dalam situasi ini, dalam hal dapat mendata setiap buruh dari luar daerah yang bekerja di desa masing-masing. “Ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Camat Motoling Barat Jerry Sengkey. Dia mengungkapkan, bahwa terkait adanya buruh pendatang pihaknya sudah beberapa kali menghimbau para Hukum tua agar terus mengingatkan kepada para majikan atau pemilik kebun cengkih untuk melaporkan para buruh ke pemerintah desa yang ada. Dalam hal ini pihaknya menyiapkan kartu buruh dalam pendataan, yang menyatakan buruh bersangkutan bekerja di desa tersebut lengkap dengan nama majikan buruh bersangkutan. “Hal ini dilakukan guna mengantisipasi jangan sampai ada masalah yang melibatkan buruh pendatang,” katanya.

Lebih lanjut Sengkey mengharapkan para buruh pendatang agar menjaga sikap dalam pergaulan, begitu pula warga desa diharapkan juga untuk menjadi tuan rumah yang baik, dan intinya semua pihak diharapkan menjaga stabilitas keamanan bersama.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*