Rabu, 20 November 2019

Distanakan Tomohon Terus Lakukan Terobosan

TOMOHON, (manadoterkini.com)-Dalam rangka meningkatkan produksi budidaya perikanan serta untuk memenuhi kebutuhan Masyarakat dalam bidang perikanan. Dinas Peternakan dan Perikanan (Distanakan) Tomohon terus melakukan terobosan.

Salah satu program yang akan digulirkan untuk mendorong usaha budidaya perikanan adalah lewat Pengembangan Usaha Mina Mandiri Perikanan Budidaya (PUMM – PB) 2015.

Kabid Perikanan Budidaya Distanakan Tomohon Paulus Mumek S.Pi mengatakan bahwa, Program ini merupakan kelanjutan dari program Pengembangan Usaha Bina Pedesaaan (PUMP) 2011 – 2014 yang bertujuan meningkatkan kapasitas usaha budidaya perikanan sehingga menjadi pembudidaya yang mandiri. “Sekaligus meningkatkan kesejahteraan para pembudidaya yang akan mensejahterakan masyarakat di sekitar,” kata Mumek

Lanjut Mumek, untuk sasaran kelompok yang layak menerima bantuan dana ini yaitu Kelompok yang jelas organisasinya dan memiliki lahan serta memenuhi persyaratan lainnya. “Oleh karena itu pada Jumat (5/6) besok, kita akan turun lapangan untuk melakukan verifikasi di lapangan dalam hal ini para kelompok yang telah mengajukan Proposal,” ujarnya.

Sementara untuk besaran dana PUMM yang akan diterima masing-masing Pokdakan dijelaskan Mumek sebesar Rp 60 juta. “Dan PUMM PB untuk tahun 2015 ini akan diberikan dalam bentuk barang atau natural, dan mekanisme pada penyaluran PUMM 2015 memang mensyaratkan pokdakan untuk mengajukan proposal bantuan, lalu mengelola bantuan yang telah disetujui tersebut hingga dapat memberikan hasil yang diharapkan,” jelasnya.

Dia juga berharap, program PUMM PB ini agar mampu meningkatkan kemandirian para pembudidaya, sehingga produknya memiliki daya saing dan berkelanjutan. “Kemandirian akan mendorong berkembangnya usaha budidaya, dan berkelanjutan bukan berarti hanya dalam hal lingkungan tetapi juga berkelanjutan usahanya. Ini sesuai dengan tiga pilar pembangunan yaitu kedaulatan, kesejahteraan dan berkelanjutan. Untuk menuju perikanan budidaya yang mandiri, berdaya saing dan berkelanjutan,” tandasnya.(efd)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*