Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanManadoPolitik

Pilwako Manado, Koalisi 6 Parpol Belum Final

×

Pilwako Manado, Koalisi 6 Parpol Belum Final

Sebarkan artikel ini
Gabungan partai
Koalisi 6 Parpol hadapi Pilwako Manado

MANADO, (manadoterkini.com) – Gabungan 6 partai politik di Dekot Manado yang menamakan diri Koalisi Kebersamaan dalam mengusung bakal calon (Balon) Walikota/Wakil Walikota di Pilkada Manado, terancam berakhir mentah, meskipun pada Rabu (3/5) lalu telah melakukan pertemuan di salah satu hotel di Jl Sudirman, Kelurahan Pinaesaan.

Dalam pertemuan itu, ada beberapa pimpinan parpol tidak hadir, seperti Partai Hanura yang hanya mengutus salah satu pengurusnya, minus Ketua Revani Parasan. Kemudian PKS hanya diwakili Nur Rasyid Abdul Rahman, dan Partai Golkar hanya diwakili Sekretaris Dolfie Mamengko. Mamengko mengatakan, pertemuan itu dalam rangka menandatangani MoU sebagai partai berkoalisi. “Yang berhak menandatangani MoU masing-masing ketua partai. Kalo pertemuan tadi hanya pembicaraan menjelang pilwako. Belum ada yang krusial atau calon yang akan diusung,” ujarnya.

Sementara itu, informasi berkembang, ada salah satu partai akan menarik diri. Pasalnya, mereka mendapat perintah dari DPP untuk keluar dari koalisi tersebut. “Menurut DPP, ada dalam juklak (petunjuk pelaksana) partai kami untuk membuka pendaftaran calon walikota sendiri,” kata salah satu kader yang meminta nama dan partainya tidak disebutkan. Ketua Partai Gerindra Manado, Moudy Manoppo yang memimpin pertemuan itu menyatakan optimis Koalisi ini mendapatkan kemenangan dalam Pilwako nanti. Pasalnya total jumlah kursi dalam koalisi ini mencapai 21 kursi. “Jumlah tersebut melebihi ketentuan untuk mengusung calon pimpinan daerah,” tegasnya.

Sekadar diketahui, koalisi kebersamaan enam partai itu selain Hanura, PKS dan Golkar, ada juga Gerindra, PAN serta PKPI. “Ini belum deklarasi baru menyamakan persepsi untuk Pilkada nanti,” kata Ketua PAN Manado, Boby Daud.

Banyak yang memprediksi, jika keenam partai ini solid mendukung calon walikota, punya peluang besar menang. Sebab, jumlah kursi di Dekot Manado sebagai representase pemilih ada 21 kursi, masing-masing Partai Golkar 5 kursi, Partai Gerindra 5 kursi, PAN 4 kursi, Hanura 4 kursi, PKS 2 kursi, dan PKPI 1 kursi.(ald)