Jum'at, 15 November 2019

Ratusan Peserta Calon Panwascam Minsel Ikuti Tes Tertulis

minselAMURANG, (manadoterkini.com)-Sedikitnya 191 calon Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), pada Senin (8/6) siang tadi, mengikuti tes tertulis di aula Waleta Kantor Bupati Minahasa Selatan (Minsel). Sementara untuk tenaga Panwascam itu sediri yang dibutuhkan hanya 51 orang yang akan ditempatkan di 17 kecamatan.

Menurut Ketua Panwaslu Kabupaten Minsel Eva Keintjem menjelaskan bahwa jumlah pendaftar mencapai 2 ratusan peserta hanya yang lolos berkas hanya 191 orang.

“Nantinya dari hasil tes tulis ini masing-masing kecamatan mengerucut menjadi 6 orang setelah dilakukan wawancara hanya 3 orang yang akan kita butuhkan,” ujar Keintjem

Adapun materi tes tertulis yang tersaji 30 soal dengan waktu 60 menit, hal ini mereka lakukan sesuai UU No 15 Th 2011 tentang penyelenggaraan pemilu, PP No 01 Th 2014 dan UU No 08 Th 2015 keduanya tentang Pilkada langsung.

“Dalam melakukan koreksi hasil tes tulis betul-betul netral dari intervensi pihak lain. Pokoknya semua transparan tidak ada rekayasa,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua Bawaslu Sulut Herwin Malonda MPd pada kesempatan tersebut hadir dan langsung membuka naskah tes tertulis tersebut.

“Proses seleksi ini akan kami lakukan sebaik baiknya, kalau Tuhan sudah berkehendak tidak ada yang bisa mengalangi dan keterpilihan Panwascam ini merupakan keterpanggilan dari Tuhan,” ujar Malonda.

Dia juga menjamin pelaksanaan tes tertulis ini akan berlangsung secara selektif.

“Dijamin tidak ada penambahan atau pengurangan nilai yang diperoleh alias murni,” tandasnya.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*