Kamis, 14 November 2019

DPRD Minsel Gelar Rapat Paripurna LKPJ Akhir Masa Jabatan Bupati

AMURANG, (manadoterkini.com)-Jelang akhir jabatan Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntub SE pada akhir tahun 2015 ini. DPRD Minsel mengelar rapat paripurna penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) dan penyampaian masa berakhirnya bupati tahun 2015 pada Senin (8/6) sekitar pukul 18.30 WITA diruang rapat DPRD Minsel.

Rapat tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Minsel Frangky Lelengboto ST dan Rommy Pondaag SH MH ini dihadiri seluruh anggota DPRD serta Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE, Sekdakab Minsel Drs Danny Rindengan MSi dan unsur Forpimda Minsel, serta kepala-kepala SKPD yang ada dilingkup Pemkab Minsel.

Rapat Paripurna yang dipimpin langsung Wakil Ketua DPRD menjelaskan bahwa, Rapat Paripurna ini sesuai dengan Surat bupati yang masuk perihal Permohonan Agenda sidang Paripurna Penyampaian LKPJ dalam rangka akan berakhirnya masa jabatan bupati Minsel periode 2010-2015 dan yang kedua berdasarkan hasil rapat Pimpinan DPRD dan Rapat Badan Musyawarah DPRD beberapa waktu yang lalu.

Jawaban LKPJ yang dibacakan pimpinan rapat mengatakan, bahwasanya pengantar rekomendasi catatan-catatan setrategis atas laporan keterangan pertanggung jawaban akhir masa jabatan tahun 2010-2015 rapat Paripurna ini sesuai dengan Undang Undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, juga di atur pada pasal 207 ayat ke (2) maka Pemerintah Dearah harus menyampaikan LKPJ kepada DPRD. Atas penyampaian laporan keterangan pertanggung jawaban bupati kepada DPRD, maka bupati wajib menyampaikan LKPJ, di tambah lagi hubungan antara DPRD dan Kepala Daerah yang di dasari kemitraan yang sejajar.

Evaluasi ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kinerja masing-masing SKPD selaku perangkat pemerintah daerah yang mendukung keberhasilan program yang telah ditentukan.

“Suatu misal, reformasi birokrasi dan pelayanan public. Peningkatan akses dan kwalitas pelayanan kesehatan kemudian pemerataan dan peningkatan kwalitas pendidikan, pembangunan infrastruktur, serta pengembangan sektor pariwisata, pertanian,kelautan, dan perikanan berbasiskan cluster. Peningkatan ekonomi melalui peran serta masyarakat kelestarian lingkungan hidup dan kewaspadaan terhadap bencana alam,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE secara gamblang memaparkan LKPJ, juga menerangkan atas kepemimpinanya dalam periode 2010-2015.

“Untuk itu sesuai dengan pasal 207 ayat ke 2, ada huruf b ini, maka saya sebagai bupati akan menyampaikan LKJP kepada DPRD, termasuk pertanggungjawaban kami selaku kepala Daerah, juga penyampaian Informasi Laporan penyelenggaraan Pemerintah daerah kepada Masyarakat,” jelasnya sambil mengucapkan terima kasih atas masukan DPRD selama dirinya sebagai bupati Minsel sesuai dengan visi misi.

“Yang jelas visi ini menuju masyarakat yang sejahtera, berkeadilan dengan wawasan kebangsaan serta religius melalui APBD yang Pro Rakyat,” tandasnya.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*