Rabu, 13 November 2019

KPUD Minsel Mulai Gelar Bimtek bagi PPK dan PPS

AMURANG, (manadoterkini.com)-Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) saat ini mulai menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi anggota PPK dan PPS yang ada di 17 Kecamatan se-Minsel.

Bimtek tersebut dilakukan KPUD Minsel terbagi dari 5 Daerah Pemilihan (Dapil) dan telah dimulai di Dapil I hingga dapil V.

Ketua KPUD Minsel DR Fanley Pangemanan S.Sos MSi mengatakan, pelaksanaan bimtek ini adalah amanat undang-undang serta penunjang tahapan pencalonan dalam Pilkada.

“Bimtek sudah kami laksanakan sejak Senin (8/6) lalu dan itu kita mulai dari dapil I,” ujar Pangemanan kepada manadoterkini.com Rabu (10/6) siang tadi sambil mengaku kalau saat ini pihaknya sementara mengelar Bimtek di Dapil II yang meliputi Kecamatan Motoling raya, Ranoyapo dan Kumelembulai.

Menurut Pangemanan, pelaksanaan Bimtek ini juga tertuang dalam Peraturan KPU (PKPU) nomor 2 tahun 2015 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pilkada serentak.

“Bimtek yang sementara kita lakukan ini bersifat internal dan hanya dihadiri oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) serta Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang telah dilantik,” katanya.

Lanjut Dia, tujuan bimtek ini, untuk memberikan pemahaman menyeluruh soal pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) serta Bupati dan Wakil Bupati Minsel yang akan dilaksanakan secara serentak pada 9 Desember 2015 mendatang.

“Tidak semua PPK dan PPS di 17 kecamatan kami kumpulkan jadi satu. Tetapi pelaksanaannya kami lakukan bergilir sesuai dengan dapilnya,” jelas.

Dalam bimtek tersebut, dikatakan Pangemanan, KPUD Minsel memberikan bimbingan dan panduan, salah satunya mengenai bagaimana PPS melakukan verifikasi administrasi dan aktual untuk calon Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati dari jalur perseorangan.

Termasuk mengenai bagaimana cara pengisian formulir-formulir berita acara hasil penelitian atau hasil verifikasi. Berdasarkan PKPU nomor 2 Tahun 2015, penelitian administrasi dan faktual di tingkat desa atau kelurahan mengenai syarat dukungan calon perseorangan, dimulai pada 23 Juni 2015 hingga 6 Juli 2015. Syarat dukungan ini, sebelumnya akan diserahkan pasangan calon perseorangan pada 11 Juni 2015 hingga 15 Juni 2015.

“Kami berharap dengan adanya Bimtek ini, PPK dan PPS sebagai sebagai badanad hoc penyelenggara pemilihan kepala daerah, benar-benar siap dan kapabel dalam menjalankan tugasnya. Sebab mereka adalah ujung tombak dan berperan penting menyukseskan penyelenggaraan Pilkada Sulut maupun Minsel,” tandasnya.(dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*