Kamis, 14 November 2019

KPUD Minsel Buka Pendaftaran Pemasukan Berkas Calon Perorangan

AMURANG, (manadoterkini.com) – Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) untuk Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) sementara bergulir, bahkan saat ini Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Minsel pada Kamis (11/6) hari ini dijadwalkan telah membuka pendaftaran pmemasukan berkas administerasi bakal calon Bupati dan Wakil Bupati melalui jalur Independen atau perseorangan.

“Untuk pemasukan berkas atau pendaftarannya akan kita lakukan selama Lima hari atau dari tanggal 11 sampai tanggal 15 Juni mendatang,” ujar Ketua KPUD Minsel DR Fanley Pangemanan S.Sos MSi kepada manadoterkini.com.

Lanjutnya, jika ada calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan maju melalui jalur independen, agar segera memasukan persyaratan sebagai calon. “Karena kita selaku KPUD akan melakukan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual, saat pemasukan syarat dukungan wajib dimasukan soft copy dan hard copy. Jika tidak, KPU akan kembalikan untuk dilengkapi,” katanya.

Pangemanan juga menjelaskan bahwa, KPUD juga akan menyerahkan dokumen syarat dukungan calon perorangan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 17 Desa/Kelurahan yang ada di 17 Kecamatan di Minsel untuk diverifikasi faktual pada 19-22 Juni. “Peran PPS sangat penting untuk melakukan verifikasi vaktual di lapangan dan vaktual akan dilakukan sejak 23 Juni hingga 6 Juli, dilanjutkan dengan rekapitulasi di kecamatan pada 7-13 Juli dan rekapitulasi di Kabupaten 14 Juli,” jelasnya.

Dia menambahkan, KPUD akan memberikan peluang bagi calon perseorangan untuk memperbaiki syarat dukungan sebelum penetapan calon tersebut. “Kalau tidak memenuhi syarat tidak bisa masuk ke tahap pencalonan. Jika memenuhi maka akan mendaftar bersama-sama dengan calon dari parpol pada 26-28 Juli mendatang,” tandasnya, sembari menyatakan, jumlah minimal dukungan pasangan calon perseorangan itu minimal sebanyak 10 persen dari total jumlah penduduk yang ada di Minsel.

“Dukungan tersebut tidak boleh ganda, artinya, satu orang mendukung satu calon. Apabila ditemukan dukungan satu orang untuk lebih dari satu calon, maka dianggap tidak sah,” tambahnya.

Selain itu, dukungan tersebut kemudian akan diverifikasi secara administrasi dan faktual oleh KPUD selama kurang lebih satu bulan, karena setelah diverifikasi secara faktual. “KPUD akan mengumumkan calon yang sudah memenuhi syarat dukungan atau belum. Bila memenuhi syarat dukungan, calon bisa mendaftar sebagai calon bupati dan calon wakil bupati ke KPU,” tutupnya.(dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*