Selasa, 12 November 2019

Polres dan Pemkab Minsel Gelar Rakor Mapalus Kamtibmas

minselAMURANG, (manadoterkini.com)-Polres dan Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) pada Kamis (11/6) bertempat di Gedung Waleta kantor bupati Minsel mengelar Rapat Koordinasi (Rakor) Mapalus Kamtibmas dalam rangka menindak lanjut Petunjuk Presiden RI melalui Kapolri pada Rapat Pimpinan Nasional TNI POLRI yang dilaksanakan di Jakarta beberapa waktu yang lalu.

Rakor itupun dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) dan jajaran Kepala Desa, Lurah, camat, segenap anggota TNI dan Polri.

“Rapat Koordinasi ini penting guna mewujudkan masyarakat yang mandiri serta mampu menciptakan keamanan dan ketertiban,” ujar Sekdakab Minsel Drs Danny Rindengan MSi saat membaca sambutan dari Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE.

Lebih lanjut, mengajak agar semua komponen dapat menjaga ketertiban bersama. “Apalagi ketentraman masyarakat penting dan mahal, sehingga perlu adanya keselarasan semua pihak dalam mengamankan Kamtibmas,” ujarnya lagi.

Dalam kesempatan itu Rindengan meminta agar pihak Kepolisian dan TNI tetap pada komitmennya selalu berdiri ditengah-tengah masyarakat dalam melakukan pengamanan.

Sementara itu, Kapolres Minsel AKBP Benny Bawensel SIK MH dalam sambutannya menjelaskan bahwa, Rakor Mapalus Kamtibmas ini dilaksanakan sebagai implementasi dari hasil Rapim TNI Polri beberapa waktu yang lalu.

Menurut Kapolres, sasaran Mapalus Kamtibmas ini adalah dalam rangka mendeteksi potensi bencana mulai dari tingkat yang paling bawah (desa) apakah itu Bencana Alam, Bencana Non Alam, Bencana Sosial yang berpotensi menimbulkan masalah kamtibmas dan melakukan pencegahan serta pembinaan secara dini agar potensi gangguan kamtibmas tersebut dapat diredam sebelum menimbulkan permasalahan yang lebih besar.

Dia juga mengatakan, Mapalus Kamtibmas ini sebagai bentuk Koordinasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat dengan menggunakan kearifan lokal Mapalus yang memang menjadi ciri khas masyarakat Minsel. Kapolres juga menyadari sepenuhnya bahwa kemajuan yang telah dicapai Minsel selama ini sangat rentan dengan potensi gangguan keamanan yang juga dipengaruhi dengan Lingkungan Strategis dan Lingkungan Global. Kegiatan pembangunan tidak akan berjalan apabila kondisi kamtibmas masyarakat tidak kondusif.

“Oleh karena itu Gerakan Mapalus Kamtibmas ini perlu didukung semua pihak karena hal ini juga merupakan implementasi dari Pergub Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pembentukan Forum Mapalus Kamtibmas di Sulut termasuk di dalamnya Minsel,” ujarnya.

Hadir dalam Rakor tersebut, baik pihak TNI dalam hal ini Dandim Minahasa, Wakil Ketua DPRD Minsel Rommy Pondaag SH MH, Kajari Amurang. Umaryadi SH MH, Kepala Pengadilan Amurang, Kepala-kepala SKPD yang ada dilingkup Pemkab Minsel, jajaran Polri dan TNI, camat dan Hukum tua dan Lurah.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*